Cara Backup & Restore Driver Windows Dengan Drivermax

by aries on April 6, 2014

Selain untuk mendeteksi sekaligus install driver windows, drivermax juga bisa digunakan untuk backup & restore driver. Artinya driver yang sudah terinstal pada windows di backup jadi satu file berekstensi ZIP, untuk kemudian file ini di restore ke windows jika suatu saat kamu install ulang windowsnya.

Dengan menggunakan metode backup & restore driver, kamu bisa menghemat waktu dan tidak pusing, karena semua berjalan otomatis, tinggal klik klik dan klik proses akan berjalan sendirinya. Jadi tidak perlu kamu install driver satu persatu. Mengenai caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini;

Cara Backup & Restore Driver Windows Dengan Drivermax

Cara backup driver

Sebaiknya, setelah kamu selesai install windows secara komplit, artinya semua driver sudah di install, lakukan backup driver dengan cara sebagai berikut;

  1. buka drivermax, pilih Driver backup and restore seperti terlihat pada gambar di atas.
  2. kemudian klik Backup driver
  3. pada kotak dialog selanjutnya ada tampilan daftar driver yang sudah terinstal di windows, checklist yang kamu pilih lalu klik backup kemudian klik backup selected driver. Cara ini bila mana kamu tidak ingin backup semua driver, hanya driver yang di checklist saja yang akan kamu backup. Atau kamu bisa langsung klik backupbackup all driver untuk membackup semua driver.
  4. proses backup akan memakan waktu kurang lebih 1 menit dan akan selesai jika sudah muncul file backup berektensi zip.

Cara restore driver

Dengan melakukan backup driver seperti cara di atas, akan memudahkan kamu dalam instalasi driver atau restore driver. Jadi suatu saat windows mengalami masalah dan perlu install ulang, kamu cukup restore driver dari file backup tadi. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. buka drivermax, pilih Driver backup and restore
  2. pilih Restore driver from backup
  3. klik Load – pilih file dari hasil backup sebelumnya – kemudian klik Open
  4. klik select all kemudian klik restore untuk mengembalikan (install) semua driver, atau kamu bisa checklist pada daftar driver yang ada kemudian pilih restore, berarti ini memilah dan memilih driver (tidak semua driver di install)
  5. proses instalasi driver akan selesai jika sudah muncul kotak dialog yang menyatakan untuk merestart (rebort) komputer.

Dengan demikian, proses restore driver telah selesai. Untuk mempermudah tentang cara backup & restore driver dengan drivermax, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama..

Yahya Doank April 7, 2014 at 7:32 am

Oooo begitu ya caranya, makasih mas udah mau berbagi tips caranya backup & restore driver windows

Comments on this entry are closed.