Cara Backup & Restore ROM Andromax C

by aries on May 15, 2015

Sistem Android yang berbasis open source memungkinkan developer atau seorang pengembang memodifikasi Androidnya. Karena demikian setiap smartphone Android dari berbagi vendor mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Salah satunya adalah Smarfren Andromax C, dimana smartphone ini tidak bisa diflash dengan flashtool atau software sejenisnya. (Itu kata teman saya)

Backup & Restore Andromax C tanpa PC

Walaupun demikian, saya tidak langsung percaya, metode backup ROM dengan MTK Droid Tool coba saya terapkan dengan tujuan hasil backup-an tadi bisa digunakan untuk flash ulang. Sama seperti yang saya terapkan pada Samsung S5 Replika SM-G9006V. Setelah saya mencoba backup smarfren tersebut ternyata memang benar, tidak bisa dibackup dengan MTKDroidTool.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara backup system Andromax C tersebut. Penasaran dengan jawabannya, simak langkah-langkah backup system atau ROM Andromax C berikut ini;

Backup Andromax C

  1. Pastikan Andromax C kamu sudah di root, kalau belum silahkan baca cara root Android dengan KingoRoot.
  2. Install CWM di Andromax C. Caranya; download terminal emulator bisa cari di playstore. Lalu download cwm recovery dari situs https://www.dropbox.com/s/0k8965968gfddz9/recovery.img dan taruh di sdcard.
  3. Ketik ‘su’ tanpa tanda kutip ya, lalu tekan enter. Saat muncul popup permintaan izin dari Supersu, pilih ijinkan.
  4. Ketik ‘dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mmcblk0p13 bs=1024’ lalu tekan enter. Recovery.img ini adalah file cwm yang sudah kamu download dan di copy kan ke sdcard tadi.
  5. Jika install cwm sukses, akan terlihat gambar seperti dibawah ini
  6. Backup & Restore Andromax C Tanpa komputer
  7. Setelah sukses, matikan andromax c-nya. Lalu masuk ke mode recovery, caranya; tekan dan tahan tombol volume down plus tombol power secara bersamaan.
  8. Setelah masuk ke cwm, pilih backup and restore – lalu pilih backup. Tunggu proses backup selesai. Ini menyesuaikan dengan aplikasi yag sudah di install di Andromax C. Semakin banyak aplikasinya otomatis proses backup akan lebih lama. Jika muncul pesan ‘Backup completed’ berarti proses backup telah selesai
  9. Hasil backup-an berada di sdcard tepanya di folder clockworkmod.

Restore Andromax C

Jika suatu saat android mengalami  bootloop yang disebabkan gagal install custom ROM untuk Andromax C atau hal lain. Kamu tinggal me-restore dari file hasil backup-an tadi dengan catatan jika Andromax C masih bisa masuk ke mode recovery. Jika tidak, maka harus flash dengan menggunakan file baru yang akan saya jelaskan pada tutorial berikutnya. Untuk restore, caranya adalah sebagai berikut;

  1. Lakukan langkah no. 8 seperti di atas, hanya saja yang dilipih adalah restore lalu pilih dari folder clockworkmod.
  2. Ikuti petunjuk selanjutnya.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara backup & restore ROM Andromax C, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.