Cara Backup ROM Android dengan Miracle Box

by aries on May 9, 2016

Kalau kita sudah tahu betapa pentingnya ROM atau firmware Android yang kita miliki, tentu kita tidak akan langsung eksekusi flashing sebelum melakukan backup rom Androi tersebut. Terlebih jika Android milik kamu adalah samsung replika yang banyak sekali memiliki jenis rom yang berbeda-beda meski sekilas sama dari segi tampilan body.

Cara Backup ROM Android dengan Miracle Box

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas tentang cara backup rom android dengan MTK Droid Tool, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara backup rom Android dengan Mircale Box. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Hal pertama dan wajib adalah memiliki Box Miracle, jika tidak punya bisa gunakan Miracle portable versi gratisan dulu yang bisa di download dari situs http://bit.ly/1WjS63N
  2. Karena dalam hal ini yang akan saya contohkan adalah Android MTK, jadi download dulu MTK driver dari situs http://bit.ly/1Ir9TdN ektrak lalu install.
  3. Buka aplikasi Miracle Box atau Loader-nya jika gunakan versi yang gratis
  4. Pilih tabulasi MTK – kemudian klik Read – pada Boot Select, pilih jenis boot sesuai dengan jenis prosesor MTK-nya. Jika tidak tau, pilih saja Auto Connect – Lalu centang pada bagian All – centang pada Save as scatter file, jika ingin hasil backup berupa file scatter yang bisa digunakan flash via SP Flash Tool – centang USB Cable – Kemudian klik Start Button. [Lihat keterangan gambar di atas!]
  5. Setelah itu, HP dalam keadaan off sambungkan ke PC dengan kabel USB.
  6. Setelah konek, beberapa saat kemudian akan muncul Save As yang artinya hasil backup yang berupa format file bin akan di simpan. Jadi, klik saja Save.
  7. Proses backup File BIN memakan waktu kurang lebih satu jam, tentunya hal ini tergantung dengan kapasitas EMMC pada Androidnya.
  8. Setelah proses Backup file BIN selesai, akan dilanjutkan dengan proses penyimpanan file saccter jika memang kita memilih atau mencentang pada “Save as scatter file” sebelumnya.
  9. Jadi, kita tinggal pilih folder untuk menyimpan file scatter sesuai keinginan.
  10. Selanjutnya, kita tunggu proses penyimapanan file saccter kurang lebih memakan waktu 1 menit.

Untuk mempermudah tentang cara backup rom Android dengan Miracle Box, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Kelebihan backup rom dengan Miracle Box adalah bisa digunakan untuk backup meski kondisi HP bootloop, beda dengan MTK droid tool yang mengharuskan HP dalam keadaan hidup (tidak bootloop).

beewee November 4, 2016 at 10:01 pm

ini hrs pke usb khusus buatan miracle box ga yah??

Yaniar Asmara November 4, 2016 at 10:23 pm

USB biasa saja

Comments on this entry are closed.