Cara Backup ROM Android dengan Volcano Box

by aries on May 13, 2016

Mengingat sangat pentingnya backup rom Android sebelum melakukan flashing, jadi pada kesempatan kali saya masih belum beranjak mengenai masalah tersebut.

Langkah ketiga Cara Backup ROM Android dengan Volcano Box

Setelah kemarin membahas mengenai backup rom Android dengan Miracle Box, kali ini saya akan membahas tentang cara backup rom Android dengan Volcano Box. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Hal pertama tentu kita harus punya sebuah Box Volcano yang sudah di terhubung ke PC kita.
  2. Buka VolcanoUtility.
  3. Jika ada notifikasi Volcano Box Not Found, coba di close dulu lalu jalankan kembali VolcanoUtility-nya.
  4. Pada tabulasi CPU & OS, silahkan pilih sesuai dengan chipset HP yang akan di backup. Karena dalam hal ini yang akan saya backup adalah Android MTK, maka saya pilih Android.
  5. Pilih tabulasi USB MODE, centang pada bagian Read Flash – Pada CPU Type pilih MTK Android – lalu centang pada USB MODE – lalu klik Start. [Lihat Keterangan gambar di atas!]
  6. Setelah ada notifikasi “Analysis of USB port, Please insert phone USB cable.” HP dalam keadaan OFF konekkan ke PC dengan kabel USB.
  7. Jika gagal, coba ulangi lagi dengan klik tombol Start, tapi pastikan kabel USB sudah dicabut sebelumnya.
  8. Dengan adanya “Flash reading” berarti proses backup rom Android MTK sedang berjalan.
  9. Proses Backup ini lumayan lama, tentu hal ini tergantung besarnya kapasitas EMMC atau memori internal dari HP tersebut.
  10. Setelah proses backup selesai, akan muncul kotak dialog Save As, yang artinya file hasil backup berupa BIN kita simpan di drive komputer kita. Silahkan dikasih nama file tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Tapi sebaiknya dikasih nama sesuai dengan nama HP yang akan di backup agar kedepannya tidak bingung dengan file tersebut hasil backup dari HP apa.

Untuk mempermudah tentang cara backup rom Android dengan Volcano Box, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;


Catatan: Hasil backup dengan Volcano tidak bisa berupa file scatter sebagaimana backup rom dengan Miracle, namun hal ini bisa kita lakukan dengan cara convert file bin ke scatter dengan menggunakan MTK droid tool. Mengani hal ini akan kami bahas pada episode mendatang, jadi tetep stay terus di alltutorial.net ya bos.

Comments on this entry are closed.