Cara Cepat Luncurkan Aplikasi Kamera Android

by Ummy Tsabit on May 25, 2016

Kamu tentu pernah mengalami kejadian di mana tiba-tiba ada objek kamera yang keren, dan ponselmu sedang kamu masukkan ke dalam saku. Untuk bisa memotret objek tersebut, kamu harus menghidupkannya, membuka kunci layar, baru setelah itu meluncurkan aplikasi kamera, sehingga Walaa! Momen-momen menarik tersebut sudah menghilang. Memang sih, kamu masih bisa tetap memotret, namun kamu akan berakhir dengan foto yang jelek yang diambil terlalu terlambat, dan hanya akan mengingatkanmu di mana kamu telah kehilangan momen berharga tersebut.

quick camera

Sudah berapa kali peristiwa ini terjadi, dimana kamu melihat sesuatu yang menkjubkan, yang layak untuk dipotret di kamera ponsel, namun momen itu hilang begitu saja. Namun kamu tidak perlu risau, karena jika kamu menginginkan cara untuk bisa membuka aplikasi kamera dengan lebih cepat, maka ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meluncurkan kamera relatif lebih cepat daripada metode konvensional biasanya berikut ini;

Menambahkan Kamera sebagai Widget di Lockscreen

Untuk Android versi Jelly Bean ke atas, lockscreen hadir dengan opsi yang bisa menambahkan widget yang berbeda ke dalamnya. Kamu bisa menyapu ke kanan dan ke kiri untuk menambahkan sebuah widget pada layar yang akan memungkinkanmu untuk dengan cepat mengakses aplikasinya secara langsung, tanpa perlu membuka kunci ponsel terlebih dulu. Kamu cukup menambahkan kamera sebagai salah satu widget di lock screen lalu tinggal sapu ke kiri atau ke kanan untuk menyalakan aplikasi kamera. Untuk kamera ponsel Samsung, maka cara untuk menambhakna kamera sebagai widget di lock screen adalah : pergi ke menu Setting > Lock screen > lalu pilih ‘Shortcuts‘. Di sini kamu bisa menempatkan aplikasi mana saja yang kamu ingin untuk ditaruh di lock screen.

Untuk membuat segalanya lebih cepat lagi, maka kamu juga bisa mengkonfigurasikan aplikasi kamera agar bisa secara langsung mengambil foto tanpa adanya penundaan segera setelah aplikasinya di jalankan. Di bagian setting kamera, carilah opsi Quick Launch dan pilih Launch and Capture.

Menekan tombol power dua kali

Jika kamu menggunakan Android versi yang lebih modern, yakni Marshmallow, maka kamu bisa meluncurkan kamera dengan instan dengan cara menekan tombol power sebanyak dua kali ketika ponsel sedang tertidur (sleep). Atau dengan menekan tombol Home dua kali pada perangkat Samsung.

Namun perlu dicatat, dalam beberapa ponsel merek tertentu, shortcut ini bisa jadi berbeda. Misalnya saja, dalam beberapa ponsel besutan Motorola, kamu bisa menggunakan ‘memutar’ ponsel dua kali sebagai ganti menekan tombol Home untuk meluncurkan kamera dengan cepat.

Menggunakan aplikasi lock screen pihak ke tiga

Beberapa merek ponsel mungkin tidak hadir dengan kemampuan untuk menambahkan widget atau shortcut kamera ke lock screen. Jika kasusnya seperti itu, maka kamu bisa mendownload dan menginstal aplikasi lock screen pihak ke tiga untuk bisa menambahkan widget Kamera ke lock screen. Beberapa aplikasi lock screen paling populer yang bisa membiarkan user untuk mengubah sendiri lock screen diantaranya adalah Start, Go Locker, Lockscreen shortcut, Lock screen Free, Quick Launch, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi ini akan bertindak sebagai pengganti lock screen. Dengan menggunakan aplikasi ini, user bisa langsung meluncurkan aplikasi Kamera. Misalnya saja, user dari aplikasi Start harus menggeser ikon cincin pada lock screen untuk meluncurkan Camera dan aplikasinya akan langsung diluncurkan.

Comments on this entry are closed.