Cara Convert Video Ke 3GP dengan Freez 3GP

by aries on December 14, 2013

Kurang lebih dua minggu yang lalu, ada yang bertanya di facebook fanspage alltutorial.net demikian; “saya membuat video dari foto dengan windows movie maker . tp tidak bisa di play di Handphone. cara merubah format nya gmn ya..?? mohon bantuan nya.. mksh

Jawabannya sebenarnya cukup simpel, convert video ke 3GP. Namun, demikian saya akan tetap membuat tutorial ini dilengkapi dengan panduan video. Kenapa saya pilih 3GP, karena format tersebut hampir semua jenis handphone bisa membacanya (bisa nge-play) kecuali Hp dengan layar monochrome 🙂 . Namun jika handphone kamu termasuk handphone modern, seperti Android yang sekarang lagi booming, karena ada fasilitas BBM-nya, bisa di convert dengan format MP4.

Cara Convert Video Ke 3GP dengan Freez 3GP Video Converter

Sedangkan software yang digunakan untuk convert video ke 3GP adalah Freez 3GP Video Converter yang menurut saya merupakan software paling mudah digunakan dan hasilnya pun memuaskan. Berikut langkah-langkah cara convert video 3GP;

  1. Buka Freezz 3gp video converter, klik Add untuk menambahkan video yang akan di convert ke 3GP
  2. Atur Resolusi; ini adalah resolusi atau ukran video pada masing-masing handphone, karena jenis ukuran handphone berbeda, di sana ada beberapa pilihan, tinggal kamu menyesuaikan dengan ukuran video standart handphone kamu. caranya, coba kamu rekam video pake hp mu, setelah itu save. Kemudian pilih file video yang baru saja kamu rekam, tekan pilihan (option) – properties (kadang disebut informasi video, properties videos, detail video). Dengan cara ini ukuran detail video akan terlihat, termasuk di dalamnya ukuran video, misalnya 176 x 144, 320 x 240 dan lainnya.
  3. Atur Video quality; ini adalah pilihan kualitas video. Yang terbagi menjadi 4, best, high, medium dan basic. Yang terbaik adalah best. Namun jika Hp kamu adalah standar china (hp china, apapun mereknya, cukup gunakan medium atau pilih angka di atasnya basic, karena kebanyakan video dengan kualitas best, akan terputus-putus saat di play pake hp china)
  4. Atur Audio codec; apapun hp-nya pilihan ACC adalah yang terbaik dengan secara otomatis chanel akan beralih ke stereo.
  5. Setelah itu, klik convert dan tunggu proses selajutnya.
  6. Selain pengaturan yang sudah saya jelaskan di atas, biarkan saja apa adanya.
  7. Jika sudah selesai, kamu bisa gunakan card reader untuk copy hasil conver 3GP ke handphone kamu.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara convert video ke 3GP, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama..

Comments on this entry are closed.