Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 atau 8.1

by Ummy Tsabit on November 12, 2015

Apakah kamu dulu antusias meng-upgrade ke Windows versi terbaru, Windows 10, namun kini kamu menyesalinya? Jangan khawatir! Jika setelah kamu mempertimbangkan kelebihan & kekurangan Windows 10, kamu memutuskan untuk kembali ke versi yang terdahulu, entah itu versi Windows 7 atau 8.1, maka pada artikel ini akan kami bahas bagaimana cara uninstall Windows 10 dan melakukan down grade atau roll back ke Windows 7 atau 8.1. Yang perlu diingat, selama kamu baru saja upgrade Windows 10 dalam kurun waktu satu bulan terakhir, maka kamu bisa dengan mudah uninstall Windows 10 dan downgrade ke versi original Windows 7 atau 8.1. dan kamu juga bisa kembali upgrade ke Windows 10 nanti. Namun jika sudah melebihi masa satu bulan semenjak kamu meng-upgrade ke Windows 10, maka kamu caranya akan sulit. Kamu masih bisa menginstall kembali versi original Windows yang kamu load pada PC mu dengan menggunakan media instalasi dan produk key yang baru.

Cara downgrade Windows 10 dan Menginstal kembali Windows 7 atau 8.1

Kamu memiliki waktu 30 hari semenjak hari kamu meng-upgrade ke Windows 10 agar bisa kembali lagi ke versi Windows sebelumnya (roll back). Namun sebelum kamu melakukan down grade dari Windows 10, pastikan untuk selalu mem-back up data-data pentingmu. Setelah kamu melakukan back up, maka ikuti langkah-langkah yang tertera berikut ini:

  1. klik Setting dari Menu Start Windows 10.
  2. pada halaman Setting, klik tombol Update & Security.
  3. Pada bagian halaman Update & Security, klik pada menu Recovery. Sekarang dari bagian “Go Back to Windows 7 atau 8 atau 8.1. (dimana itu merupakan versi Windows yang kamu gunakan sebelumnya, sebelum upgrade ke Windows 10), lalu klik “Get Started” untuk menghapus instalan Windows 10 dan mengembalikan lagi instalan windows versi sebelumnya.
  4. Yang terakhir, pilih sebuah alasan mengapa kamu melakukan rollback dan klik “Next”

Setelah adanya peringatan dan konfirmasi, prose Windows 10 upgrade rollback akan dimulai. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa menit hingga satu setengah jam, tergantung pada spesifikasi dan kecepatan dari PC mu. Dan prosesnya mungkin akan lebih singkat dibanding saat proses meng-upgrade ke Windows 10 yang dulu.

Jika sudah lebih dari satu bulan – atau jika kamu sudah menjalankan tool disk cleanup dan menghapus file “Previous Windows installations”atau menghapus folder C: Windows.old secara manual – maka kamu tidak akan lagi melihat opsi ini. Windows 10 muncul untuk secara otomatis menghapus file instalasi Windows lama setelah satu bulan untuk membebaskan ruang.

Downgrade Windows 10 melalui folder Windows.old

Cara ini juga akan berhasil karena Windows 10 akan menyimpan instalasi Windowsmu yang sebelumnya dalam folder yang bernama “C:Windows.old” pada PC mu. Kamu bisa melihat folder ini di File Explorer, meski kamu tidak harus berupaya menghapusnya dari sini. Kamu juga bisa menelusuri folder Windows.old ini dan secara selektif mengembalikan file dari folder itu.

Yang pasti, menyimpan setiap satu per satu file dari instalasi Windows lamamu bisa membutuhkan banyak sekali ruang. Jika kamu membuka aplikasi Disk Cleanup, maka kamu akan bisa melihat seberapa banyak ruang yang diperlukan. Caranya, klik tombol Start, ketikkan “disk cleanup” untuk mencari letaknya, jalankan, dan klik tombol “Clean up system files”.

Temukan opsi “Previous Windows installation(s)” di dalam daftarnya, dan kamu akan melihat berapa banyak ruang yang dibutuhkan pada hard drive. Jika kamu yakin kamu tidak ingin kembali lagi ke versi Windows sebelumnya, maka gunakan tool Disk Cleanup untuk menghapus file ini dan segera bisa membebaskan lebih banyak ruang.

Cara downgrade ke versi sebelumnya jika Windows 10 tidak menyediakan opsi rollback

Jika sudah melebihi masa waktu satu bulan, maka Windows tidak akan menyediakan opsi rollback. Untuk bisa kembali lagi ke versi sebelumnya, maka kamu harus terlebih dulu melakukan clean install dari Windows (hal yang biasa dilakukan pada komputer yang baru).

Setelah itu, kamu bisa mencari dan mendownload dengan mudah file ISO untuk Windows 7 dan 8.1 di internet.  Download media instalasi Windowsnya, dan bakar file ISO nya di disket atau salin ke USB drive menggunakan Windows USB/DVD download tool. Kamu lalu bisa melakukan booting melalui itu (disket atau USB Drive), dan menginstall kembali Windows 7 atau 8.1 yang baru, dan perintahkan untuk overwrite pada sistem Windows 10 yang sudah ad di hard drive. Pastikan pula kamu sudah mem-backup semua salinan data-data pentingmu pada PC Windows 10 terlebih dulu. Lalu, temukan product key untuk membukanya.

Comments on this entry are closed.