Cara Downgrade WordPress

by aries on May 4, 2014

Beberapa hari yang lalu saya mencoba upgrade wordpress ke versi 3.9 yang merupakan versi wordpress terbaru. Karena saya merasa versi ini loading nya berat, akhirnya saya turunkan lagi ke versi sebelumnya.

Bagi saya, cara downgrade wordpress ini lebih sulit daripada upgrade wordpress, untuk itu perlu kejelian agar tidak salah, karena bisa berakibat fatal. Berikut langkah-langkah downgrade wordpress secara manual;

  1. buka wp admin kamu, kemudian non-akifkan semua plugin wordpress. Caranya; klik PluginsInstalled plugins – checklist Plugin – pada Bulk action pilih Deactivate – kemudian klik Apply.
  2. download wordpress sesuai versi yang kamu inginkan (tentunya di bawah versi dari wordpress yang akan di downgrade) dari situs www.wordpress.org/download/release-archive/. Setelah itu, ekstrak file tersebut dan taruh di Drive ‘E’ misalnya.
  3. buka program FileZila atau sejenisnya untuk backup semua file dan folder wordpress dari situs kamu. Langkah ini dilakuan untuk mengantisipasi jika proses downgrade wordpress gagal atau ada masalah.
  4. setelah backup selesai, hapus wp-admin & wp-includes yang ada di situs kamu dengan menggunakan FileZila.
  5. copy semua file & folder kecuali wp-content dari wordpress yang sudah di ekstrak tadi, ke directory situs.
  6. pastikan semua file dan folder sukses. Jika ada file yang gagal di copy, lakukan proses ulang pada file tersebut. Caranya seperti penjelasan gambar di bawah ini.
  7. seteleh selesai, masuk ke wordpress admin dengan buka tab baru pada browser. Pada kotak dialog yang ditampilkan, klik Update Wordpres Database, kemudian klik Continue
  8. dengan demikian kamu sudah bisa masuk ke wp admin dengan versi wordpress lama.

Untuk mempermudah tentang cara downgrade wordpress, berikut saya sertakan panduan berupa tutorial video di bawah ini;

Catatan; pengalaman saya downgrade dari versi 3.9 ke 3.4 dan 3.2 gagal, jadi saya pilih versi 3.7 sebagaimana yang saya jelaskan di atas.  Mengapa bisa gagal, mari kita diskusikan pada form komentar yang telah disediakan.

Numpang Promo July 11, 2014 at 2:05 pm

Setelah update ke wordpress versi terbaru ada beberapa plugin yang tidak berfungsi, semoga ini bisa menjadi solusinya. Thanks ya admin.

Comments on this entry are closed.