Cara download video Youtube di Windows Phone

by aries on November 24, 2014

Saluran video Youtube kini semakin memiliki banyak penggemar karena mempunyai banyak pilihan video menarik, seperti contoh saluran Youtube alltutorial.net. Sehingga, banyak pengguna yang ingin mengunduhnya ke perangkat yang dimiliki seperti smartphone atau tablet dan bisa ditonton kapan saja, tanpa harus repot-repot terhubung ke internet.

Sebenarnya terdapat banyak pilihan untuk bisa mengunduh video dari Youtube, baik itu melalui peramban atau menggunakan aplikasi pihak ke tiga. Berikut ini adalah beberapa cepat dan mudah untuk mengunduh video Youtube bagi pengguna Windows Phone:

Cara download video Youtube di Windows Phone

  1. Menggunakan UC Browser

UC Browser merupakan peramban yang paling cepat dan mudah untuk mengunduh video Youtube. Namun, peramban ini memiliki kelemahan pada keterbatasan resolusi video yang hanya sebesar 360p saja. Jadi, kita tidak bisa mengunduh video dengan resolusi HD yang resolusi minimalnya mencapai 720p. cara downloadnya adalah sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu unduh dan pasang UC Browser ataupun UC Browser WP8.1 bikinan UCWeb. Inc melalui Windows Phone Store.
  • Buka UC Browser, lalu pilih video dari Youtube yang ingin kamu download.
  • Lalu, akan tampil ikon ‘video’ berwarna biru yang terletak pada pojok kiri bawah dari peramban. Tekan ikon tersebut, dan akan muncul pilihan Watch Offline atau Play Online. Lalu, pilih Watch Offline.
  • Untuk mengetahui proses pengunduhan yang berlangsung, tekan tanda tiga titik dan pilih Download. Lalu, akan tampak proses uduhan yang berlangsung lewat menu Downloading. Perlu diketahui, format video yang bisa tersimpan adalah MP4.
  • Setelah proses download selesai, maka video akan disimpan di menu Videos. Untuk mengaksesnya, pilih menu Downloading, lalu geser ke kiri.
  1. Menggunakan Internet Explorer

Ini merupakan peramban default yang terdapat pada Windows Phone, dimana pada versi terbarunya 8.1, telah ditambahkan kemampuan untuk menyimpan atau mengunduh file. Salah satu kelebihan mendownload menggunakan Internet Explorer adalah, kita bisa menentukan resolusi dari video yang akan kita unduh. Caranya adalah:

  • Jalankan Internet Explorer dan buka situs Youtube.com. Cari video yang ingin kamu download.
  • Pada halaman video tersebut, tekan yang lama pada alamat video dan tekan ikon ‘Copy’.
  • Buka situs ssyoutube.com, lalu masukkan ke kolom alamat dengan menekan ikon Paste. Tekan Enter.
  • Akan muncul halaman yang menampilkan video serta keterangan singkat seputarnya. Lalu, di bagian kanan keterangan video akan muncul Download Links dan pilihan resolusi yang ada. Pilih salah satunya.
  1. Menggunakan aplikasi GetThemAll

Aplikasi ini tidak hanya bisa mengunduh video dari Youtube saja, namun juga bisa dari berbagai situs video lainnya. Bahkan kita juga bisa mengunduh musik, gambar atau data lain selain video. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kita juga bisa mengunduh video dalam berbagai format dan menentukan resolusi video yang kita inginkan. Caranya adalah:

  • Cari dan pasang aplikasi GetThemAll bikinan FVD Media.
  • Jika kamu ingin mengunduh video selain dari Youtube, seperti dari Metacafe.com misalnya, pilih menu Browse  dan ketikkan alamat lengkap situsnya. Pilih video yang ingin didownload dan tekan ikon Get All, lalu tekan Download.
  • Jika kamu ingin mendownload video dari Youtube, pada halaman pertama geser ke kiri ke menu Youtube. Ketikkan kata kunci video yang dimaksud.
  • Pilih video yang dimaksud, dan tentukan resolusi videonya. Tekan ikon Download untuk memulai mengunduh. Jika ingin melihat proses pengunduhan, kembali ke halaman utama dan pilih menu Downloading.
  1. Menggunakan aplikasi Youtube 2014

Cara lain adalah, dengan menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di Windows Phone Store. Dari sekian banyak pilihan yang ada, salah satu yang paling mudah adalah Youtube 2014. Selain bisa digunakan untuk mengunduh, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menampilkan video-video dari Youtube langsung tanpa harus melalui peramban. Cara mengunduhnya adalah:

  • Cari dan instal aplikasi Youtube 2014 buatan AppsForWP8. Lalu, jalankan aplikasi ini.
  • Cari video yang ingin didownload melalui fungsi Search. Stelah ketemu, pilih video tersebut.
  • Kamu juga bisa menentukan resolusi video yang didownload dengan cara tekan ikon tiga titik dan geser ke bawah hingga terlihat pilihan Settings. Pada Max video Quality, tentukan resolusi yang diinginkan.
  • Tekan tombol fisik ‘Back’ dan pilih ikon Download. Pada bagian atas, akan tampak estimasi presentasi unduhan video yang sedang berjalan. Untuk melihat video yang berhasil didownload, tekan ikon tiga titik dan pilih List Downloaded videos.

Itu tadi beberapa pilihan cara mengunduh video dari Youtube di Windows Phone. Untuk pengguna komputer atau laptop, kamu bisa baca pada artikel ‘Cara mudah download video Youtube’.

Comments on this entry are closed.