Cara Factory Reset & Hard Reset Samsung Replika SM-G9006V

by aries on November 1, 2015

Beberapa hari yang lalu ada yang kontak saya menanyakan tentang Samsung Replika SM-G9006V miliknya yang mengalami masalah pada bagian angka nol, bintang dan pagar. Menurutnya, ketiga tombol tersebut tidak muncul saat dipencet. Sedangkan untuk angka 1-9 dan lainnya tetap normal tanpa ada masalah. Lalu dia meminta saya untuk melakukan flashing Samsung Replika tersebut, dengan alasan yang eror bukan touchscreen-nya tapi system androidnya.

Dia lebih memilih mengirimkan HP Samsung Replika tersebut ke konter saya daripada flash Android via online yang pernah saya share melalui blog ini. Tentunya hal ini akan lebih memudah saya untuk mengidentifikasi kerusakan HP tersebut untuk kemudian mengambil langkah yang tepat.

Kurang lebih 4 hari, HP tersebut sampai ke konter saya. Tapi tidak langsung saya eksekusi karena masih banyak kerjaan servis HP yang lain. (hehehe, sok sibuk 😀 ). Pada malam harinya saya baru bisa ngecek HP tersebut, berikut videonya;

Video di atas, hanya sekedar untuk dokumentasi sekaligus bukti kondisi HP setelah sampai ke konter saya.

Setelah saya cek, memang benar kondisi HP pada bagian angka nol, bintang dan pagar tidak muncul saat dipencet. Namun, touch screen tetap berfungsi dengan baik untuk membuka aplikasi dan yang lainnya terutama di area yang sama (nol, bintang, dan pagar). Artinya area tersebut tetap berfungsi normal saat disentuh, hanya saja masalahnya pada saat akan melakukan panggilan atau cek pulsa tidak bisa untuk ketiga tombol tersebut.

Dengan demikian, kesimpulan sementara adalah Samsung Replika tersebut mengalami masalah pada system Androidnya. Untuk itu, langkah pertama yang saya ambil adalah menerapkan metode factory reset atau hard reset. Berikut langkah-langkahnya;

Factory Reset Samsung Replika SM-G9006V

  1. Pasitkan baterai minimal terisi 50% untuk mengantisipasi kegagalan proses Factory reset gara-gara kehabisan daya
  2. Masuk ke menu Setelan (Setting) – Buat cadangan & setel ulang (Backup & reset) – Kembali ke setelan pabrik (Factory data reset) – Setel ulang (Reset Phone) – Hapus semua (Erase everything)
  3. Setelah itu, Samsung replika akan melakukan restart dan muncul robot ijo dengan terbuka mesinnya.
  4. Kita biarkan saja hingga Samsung replika restart untuk kedua kalinya dan secara otomatis akan nyala seperti biasanya.
  5. Proses booting setelah di factory reset agak lama, kurang lebih 2 sampai 3 menit.

Untuk mempermudah tentang cara factory reset Samsung replika SM-G9006V, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Hard Reset Samsung Replika SM-G9006V

  1. Pastikan baterai minimal terisi 50% untuk mengantisipasi kegagalan proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  2. Dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power serat volume up secara bersamaan.
  3. Lepaskan kedua tombol tersebut saat muncul robot ijo, lalu pilih tombol home.
  4. Setelah berhasil masuk ke mode recovery, gunakan volume bawah untuk memilih wipe / data factory reset. Lalu tekan tombol power untuk konfirmasi.
  5. Dengan tombol bawah, pilih Yes – delete all user data, lalu tekan tombol power untuk konfirmasi.
  6. Setelah proses wipe data complete, tekan tombol power. Secara otomatis Samsung replika akan restart.
  7. Untuk boot pertama setelah di hard reset cukup lama, kurang lebih 1 – 2 menit. Tunggu saja prosesnya hingga samsung replika kembali normal seperti sedia kala.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset samsung replika SM-G9006V, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Kurang dari 24 jam, angka nol, bintang, dan pagar kembali tidak muncul saat dipencet. Untuk itu, saya menerapkan metode flash samsung replika tersebut.

Comments on this entry are closed.