Cara Flash Advan Q7A

by aries on September 30, 2016

Setiap smartphone Android tentu memiliki kemampuan yang terbatas. Artinya jika smartphone tersebut terus dijejali dengan aplikasi-aplikasi atau game bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan software atau yang biasa disebut dengan istilah bootloop.

Kalau hanya bootloop karena software masih bisa diatasi dengan melakukan flashing atau install ulang. Namun, tidak semua bootloop itu karena kerusakan software. Bisa juga karena kerusakan EMMC atau memori internalnya. Kalau sudah begini, biasanya akan selalu gagal jika dilakukan flashing. Kalau lagi gak ‘bejo’ malah HP bisa matot.

Untuk itu, kita harus pandai dalam melakukan instalasi aplikasi yang dibutuhkan saja. Ibarat mobil akan pecah ban-nya jika digunakan atau dimuati beban secara over capacity.

Bicara soal smartphone Android bootloop, saya jadi ingat kemarin masuk servisan Advan Q7A yang bootloop gara-gara kebanyak aplikasi yang diinstall pada smartphone tersebut (menurut user-nya demikian). Untuk mengatasinya, saya akan lakukan cara flash Advan Q7A dengan SP Flash Tool. Berikut langkah-langkhanya;

  1. Sudah menjadi kebiasaan saya, sebelum flash pasti saya backup dulu ROM aslinya dengan Miracle BOX untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingankan. Jadi tidak ada salahnya, Anda juga melakukan backup ROM terlibih dahulu.
  2. Download Firmware Advan Q7A lalu ekstrak (sementara Anda Gooling dulu, saya belum sempat upload)
  3. Download SP Flash Tool
  4. Download MTK Driver dari http://bit.ly/1Ir9TdN – Ekstrak lalu install driver tersebut.
  5. Buka SP Flash Tool, lalu klik scatter-loading dan masukkan file scatter yang ada di folder firmware Advan Q7A yang sudah kita ekstrak tadi.
  6. Anda bisa memilih opsi Downlod Only atau Firmware Upgrade kalau memang firmware-nya full, artinya mencakup file cache dan userdata.
  7. Setelah itu, klik Downlod di SP Fash Tool lalu konekkan HP ke PC dengan kabel USB. Setelah konek, baru pasang baterainya.
  8. Jika Driver MTK sudah terinstall dengan benar, secara otomatis proses flash akan berjalan dimulai dengan warna merah, ungu, kemudian kuning.
  9. Proses flash akan selesai setelah muncul notifikasi Downlod OK seperti gambar dibawah ini.
  10. Cabut kabel USB, lepas dan pasang lagi baterai. Baru kemudian tekan tombol power. Tunggu beberapa saat sampai Advan Q7A menampilkan home screen.

Untuk mempermudah tentang cara flash Advan Q7A, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Jika Anda tidak mempunyai file backup dari ROM aslinya, sebaiknya jangan centang preloader saat melakukan flash. Dengan demikin berarti tidak bisa pilih opsi Firmware Upgrade atau hanya bisa opsi Download Only.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment