Cara Flash Advan S4A

by aries on December 1, 2015

Beberapa hari yang lalu, ada yang servis Advan S4A untuk ganti touchscreen. Namun, karena posisi Advan S4A tersebut dalam keadaan terkunci gara-gara lupa pola saya tidak langsung membongkar untuk ganti touchscreen-nya. Saya lebih memilih menerapak metode hard reset Advan S4A terlebih dahulu. Alasannya (berdasarkan pengalaman), untuk produk smartphone lokal seperti Advan, Evercoss dan lainnya terkadang touchsreen macet atau tidak berfungsi bukan karena TC-nya yang rusak namun karena terkunci dengan pola.

Saat saya menerapkan metode hard reset Advan S4A, tidak bisa sukses karena salah satu tombol kombinasi hard reset pada Advan S4A tersebut tidak berfungsi. Karena demikian, saya langusng flash Advan S4A ini. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Download firmware Advan S4A lalu ekstrak
  2. Download SP Flash Tool dari situs http://bit.ly/1E9FgYl
  3. Download MTK Driver dari situs http://bit.ly/1Ir9TdN, lalu install
  4. Setelah itu, buka SP Flash Tool lalu klik scatter-loading dan pilih file scatter MT6572 dari folder firmware yang sudah di ekstrak tadi.
  5. Matikan Advan S4A lalu lepas batrenya.
  6. Pada SP Flash Tool, klik download jika memang file firmware tidak full (biasanya usrdata atau cache yang kosong). Jika full, kamu bisa memilih firmware upgrade.
  7. Setelah itu, konekkan HP ke PC dengan kabel USB lalu pasang baterainya. Jika instalasi driver MTK sudah benar, maka proses flash Advan S4A akan berjalan dengan muncul warna merah lalu warna ungu kemudian warna kuning.
  8. Tunggu proses flash selesai dengan ditandai muncul lingkaran warna hijau.
  9. Lepaskan kabel USB-nya, lepas dan pasang kembali baterainya lalu nyalakan Advan S4A.
  10. Untuk booting setelah diflash, biasanya cukup lama. Kurang lebih 2-3 menit.
  11. Jika flash sukses tapi masih bootloop (stuck di logo atau hang logo) berarti harus di flash ulang dengan firmware yang full (termasuk usrdata dan cache). Jika di flash dengan firmware yang full masih tetap bootloop, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada EMMC-nya.

Untuk mempermudah tentang cara flash Advan S4A, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:
>Cara flash di atas bisa diterapkan untuk mengatasi masalah bootloop, lupa pola ataupun kerusakan software yang tidak bisa ditasi denggan metode hard reset.
>Setelah flash sukses, touchscreen Advan S4A masih tetap saja tidak berfungsi. Dari sini bisa disimpulkan bahwa Advan S4A sudah bisa dipastikan mengalami kerusakan pada TC-nya.

bambangsetia January 3, 2016 at 8:04 am

gan, ane sudah ngikutin tutor kok touchscreen hp ane tidak berfungsi juga ya ? mohon pencerahannya agan mastah,

Ummy Tsabit January 3, 2016 at 5:06 pm

Coba flash dengan firmware dari hasil download yang lain gan

sandy February 13, 2016 at 10:48 pm

mas kalau s4c ada stock rom asli nya gak

Aris Ahmad February 15, 2016 at 3:40 pm

Coba googling, saya sendiri blm pernah coa krn blm ada HP-nya yang buat praktek.. 🙂

Comments on this entry are closed.