Cara Flash Advan S4M, Plus Video Tutorial

by aries on July 24, 2016

Beberapa hari yang lalu masuk servisan Advan S4M yang mengalami masalah sinyal 3G yang tidak muncul saat jenis jaringan dipilih “Hanya WCDMA” ataupun “Otomatis”. Ketika kita memilih salah satu dari kedua opsi tersebut justru sinyal malah hilang (sama sekali tidak mucul). Sinyal bisa muncul atau ada jika kita memilih jenis jaringan “Hanya GSM”. Padahal jelas di area ini sudah ada jaringan 3G, bahkan 4G juga sudah masuk.

Melihat seperti ini, sebelum kita ‘memvonis’ ada kerusakan dari sisi hardware (mungkin pada bagian PA-nya) alangkah baiknya kita maksimalkan dulu dari sisi software. Setelah mencoba melakukan hard reset advan S4M masih tetap saja (sinyal 3G tidak muncul), akhirnya saya coba terapkan metode flashing. Penasaran dengan metodenya, simak Cara Flash Advan S4M berikut ini;

  1. Download Spreadtrum Drivers dari situ http://bit.ly/1OIKwXZ lalu install.
  2. Download Firmware Advan S4M dari situs http://bit.ly/29Xlqat lalu ekstrak. baik firmware yang
  3. Download ResearchDownload dari situs http://bit.ly/1KsZ9Ng, ekstrak lalu jalankan aplikasi tersebut.
  4. klik roda bergerigi yang pertama lalu masukkan file firmware (ekstensi .pac) yang sudah kita ekstrak tadi.
  5. Tunggu sampai  ResearchDownload berhasil me-load firmware tersebut
  6. Klik pada roda gigi yang kedua – pilih tabulasi Backup, lalu hilangkan semua centang yang ada di list, seperti calibration, IMEI dan lain-lain. Setelah selesai baru klik OK.
  7. Langkah berikutnya, klik tombol Play – pasang baterai Advan S4M – sambil ditekan dan tahan volume atas, koneksikan Advan S4M ke PC dengan kabel USB.
  8. Jika Advan S4M justru malah on atau ada tampilan ngecas baterai, kita cabut dulu kabel USB, lepas dan pasang baterai, lalu koneksikan lagi ke PC sambil tekan volume atas kaya tadi.
  9. Setelah flashing mulai jalan, lepaskan tombol volume atas tersebut.
  10. Proses flash Advan S4M akan selesai dengan ditandai tulisan Passed berwarna hijau. Setelah itu, cabut kabel USB lalu coba nyalakan Advan S4M-nya.

Untuk mempermudah tentang cara flash Advan S4M, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Setelah proses flash Advan S4M berhasil, saya coba memilih jenis jaringan “Hanya WCDMA” ataupun “Otomatis”, namun masalah masih tetap sama (sinyal tetap hilang seperti sebelum diflash).

Dengan demikian, bisa disimpulkan masalah ini adalah kerusakan hardware. Jadi, saya perlu konfirmasi ke user dulu apakah mau dilanjut atau cancel. Semoga dilanjut agar artikel ini bisa bersambung untuk mengatasi masalah sinyal hilang saat memilih jenis jaringan “Otomatis” atau “Hanya WCDMA”. 😀

Meski gagal mengatasi problem sinyal 3G pada Advan S4M, tapi tidaklah jadi masalah. Setidaknya kita jadi tahu bagaimana sih caranya flash Advan S4M yang benar.

Comments on this entry are closed.