Cara Flash Advan S4X

by aries on December 8, 2016

Beberapa hari yang lalu datang servisan Advan S4X yang mengalami eror pada bagian touchscreen-nya. Menurut pengakuan user touchscreen tersebut tiba-tiba tidak berfungsi setelah di custom rom.

Melihat kronologinya, memang bisa jadi custom rom yang digunakan tidak compatible sehingga touchscreen jadi tidak berfungsi kalau memang benar apa yang dikatakan user adalah demikian (benar-benar jadi tidak berfungsi touchscreen-nya sesaat setelah di custom rom). Meskipun sebenarnya saya kurang begitu percaya (saya yakini memang touchscreen sudah rusak sebelumnya), namun tidak ada salahnya kita coba melakukan flash Advan S4X dengan harapan touchscreen bisa kembali normal. Berikut langkah-langkahnya;

Tool yang dibutuhkan

Perlu diketahui, Advan S4X merupakan smartphone Android dengan chipset SPD (CPU-nya Spreadtrum) jadi tool yang dibutuhkan adalah sebagai berikut;

  1. Driver Spreadtrum yang bisa anda download dari http://bit.ly/2hm2QgH. Ekstrak lalu install
  2. Download SPD Upgrade Tool R4.0.0001 dari http://bit.ly/2geIMeA, lalu ekstrak.
  3. Download Firmware Advan S4X. Sementara Anda googling dulu. Yang jelas nanti kalo sudah kami upload pasti link dishare di sini.

Cara Flash Advan S4X

Agar proses flash berjalan dengan lancar, ikuti langkah-lngkah berikut ini.

  1. Pastikan baterai Advan S4X sudah terisi minimal 60 persen.
  2. Buka SPD Upgrade Tool, lalu klik roda bergerigi yang pertama dan masukkan file firmware Advan S4X yang ada di folder hasil ekstrak dari firmware tersebut. (file firmware ekstensi .pac)
  3. Setelah itu, klik tombol start (seperti tombol play di player music) kemudian Advan S4X dalam keadaan off koneksikan ke PC dengan kabel usb sambil ditekan dan tahan tombol volume atas.
  4. Jika driver Spreadtrum sudah terinstall dengan benar, secara otomastis proses flash akan berjalan dan saat itu juga lepaskan tombol volume atas.
  5. Tunggu sampai proses flash selesai dengan muncul notifikasi passed di SPD Upgrade Tool-nya.
  6. Setelah itu, cabut kabel USB, lepas dan pasang lagi baterai baru kemudian nyalakan HP dengan menekan tombol power.
  7. Tunggu sampai Advan S4X berhasil menampilkan menu selamat datang, biasanya memerlukan waktu 5-7 menit.

Untuk mempermudah tentang cara flash Advan S4X, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan

Proses flash berhasil namun touchscreen Advan S4X tetap saja tidak berfungsi. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa ini merupakan keruskan TS, bukan software seperti yang dikatakan user tersebut. Namun, apapun itu tidaklah menjadi masalah karena hikmahnya kita jadi tahu bagiaman cara flash Advan S4X ini.

Comments on this entry are closed.