Cara Flash Asus Zenfone 5 via ADB Sideload

by aries on October 23, 2016

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya terkait eror system Android yang tidak bisa diselesaikan dengan cara hard reset solusinya adalah dengan melakukan metode flashing Android.

Cara Flash Asus Zenfone 5 via ADB Sideload

Nah pada kesempatan kali ini saya akan share tentang Cara Flash Asus Zenfone 5 via ADB Sideload. Asus Zenfone 5 ini mengalami masalah eror “sayangnya file manager telah berhenti” setiap kali mau membuka aplikasi tersebut. Metode hard reset Asus Zenfone 5 sudah saya terapkan namun tetap saja file manager tidak bisa dibuka dan selalu muncul pesan seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Untuk itu saya akan menggunakan metode flash Asus Zenfone 5 via ADB Sideload. Berikut langkah-langkahnya;

Bahan yang dibutuhkan

  1. Download Intel USB Driver for Android dari http://intel.ly/1BJDf2w lalu install
  2. Download ADB Fastboot dari http://bit.ly/2etwVfL, lalu ekstrak
  3. Download firmware Asus Zenfone 5 dari http://bit.ly/1SKTk2n. Lalu ekstrak sehingga muncul nama user di file tersebut. Setelah itu, jangan ekstrak lagi ya. Contoh: zip setelah ekstrak akan menjadi UL_ASUS_T00F_TW-1.18.10-user.zip
  4. Perlu diketahui, Firmware Asus Zenfone 5 memiliki banyak sekali jenisnya disesuaikan dengan SKU-nya. Jadi sebelum download firmware tersebut, ketahui dulu SKU Asus Zenfone 5 milik Anda.

Cara Flash Asus Zenfone 5

  1. Copy file Firmware Asus Zenfone 5 yang sudah diekstrak tadi ke folder ADB Fastboot. Untuk mempermudah nantinya dalam proses flash, firmware bisa direname. Contoh UL_ASUS_T00F_TW-1.18.10-user.zip saya rename menjadi zip
  2. Klik kanan folder ADB fastboot sambil tekan dan tahan tombol shift di keyboard. Lalu pilih open command window here, secara otomatis akan terbuka CMD fastboot.
  3. Selanjutany masuk ke DroidBoot atau Fastboot mode. Caranya; Asus Zenfone 5 dalam keadaan off tekan dan tahan tombol power serta volume up.
  4. Setelah muncul tulisan ASUS, lepaskan hanya tombol power saja. Kemudian baru lepaskan tombol volume up setelah berhasil masuk ke Droid Boot.
  5. Pilih Recovery dengan menekan tombol volume bawah, untuk konfirmasi tekan tombol power.
  6. Secara otomatis, Asus Zenfone 5 akan restart kemudian muncul notifikas Tidak ada perintah. Dalam keadaan seperti ini, tekan dan tahan volume bawah, lalu tekan sekali untuk tombol volume atas.
  7. Setelah berhasil masuk ke Android system recovery, pilih apply update from ADB dengan menggunakan tombol volume bawah. Untuk konfirmasi tekan tombol power.
  8. Setelah itu, sambungkan Asus Zenfone 5 ke PC dengan kabel USB.
  9. Selanjutnya ketik adb device lalu tekan enter. Di sana akan terbaca list device berupa angka yang mengartikan Asus Zenfone 5 telah terdeteksi oleh PC. [Lihat Ket. Gambar di Atas!]
  10. Selanjutnya ketik adb sideload Z5.zip lalu tekan enter (Z5.zip ini adalah firmware asus Zenfone 5 yang sudah saya rename sebelumnya)
  11. Tunggu proses sending file Z5.zip sampai 100 persen. Setelah itu, proses flash akan berlangsung di HP-nya.
  12. Proses flash ini akan selesai setelah muncul notifikasi Install from ADB complete di layar HP Asus Zenfone 5.
  13. Langkah terakhir, pilih reboot system now dengan menekan tombol power. Selanjutnya kita tinggal menuggu Asus Zenfone 5 sampai berhasil menampilkan home screen.

Untuk mempermudah tentang cara flash Asus Zenfone 5 via ADB sideload, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: setelah saya melakuakan metode flashing seperti di atas, pesan eror “sayangnya file manager telah berhenti” sudah tidak muncul lagi. Sehingga, file manager bisa dikases dengan baik.

Comments on this entry are closed.