Cara Flash Firmware Sony Xperia E1 D2005 Android KitKat

by aries on March 12, 2017

Seperti biasa, sebelum kita membahas tentang cara flash firmware Sony Xperia E1 D2005 Android KitKat, terlebih dahulu kami paparkan alasan atau eror yang menyebabkan Sony Xperia E1 D2005 kami lakukan flashing.

Menurut user atau konsumennya, Sony Xperia E1 D2005 ini mengalami eror terkait sinyal yang yang tidak stabil. Memang sekilas masalah sinyal ini biasanya terjadi kerusakan hardware. Namun (masih menurut user) Sony Xperia E1 D2005 tersebut awalnya mengalami masalah memory internal yang penuh sehingga system menganjurkan untuk menghapus beberapa aplikasi agar memory kembali lega. Ditengah proses uninstall aplikasi tersebut, ada salah satu aplikasi yang sudah terlanjur di uninstall dan ternyata menyebabkan malfungsi pada system Android itu sendiri.

Mungkin, dari sinilah penyebab sinyal pada  Sony Xperia E1 D2005 tidak stabil sehingga perlu dilakukan install ulang atau flashing pada HP tersebut. Berikut langkah-langkahnya;

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Sony Flash Tool yang bisa di download dari http://bit.ly/1GK0e3l, lalu install. Terkait hal ini sekaligus install drivernya sudah kami jelaskan secara detil pada artikel Cara flash Sony Xperia Z1 beberapa minggu yang lalu. Jadi pastikan membaca artikel tersebut sebelum menyimak tutorial ini.
  2. Firmware Sony Xperia E1 D2005 yang bisa di download dari http://bit.ly/2mWY9Qe. Lalu copy firmware tersebut dan paste di folder firmware. Contoh C:\Flashtool\firmwares

Cara Flash Sony Xperia E1 D2005

  1. Jalankan FlashTool.exe untuk Windows 32 bit atau FlashTool64.exe untuk Windows 64 Bit.
  2. Tunggu beberapa saat sampai proses ‘Syncing devices from Github’ selesai
  3. Klik ikon seperti logo PLN – centang Flashmode – klik Ok
  4. Pada kotak dialog yang muncul, pilih D2005 lalu klik Flash
  5. Tunggu beberapa saat, setelah muncul seperti gambar di bawah ini matikan Sony Xperia E1 D2005 – lepas dan pasang lagi baterainya – sambil ditekan dan tahan tombol volume bawah, koneksikan Sony Xperia E1 D2005 ke PC dengan kabel USB.
  6. Jika proses flash tidak berjalan atau gagal, ulangi lagi langkah No. 4 di atas.
  7. Proses flash membutuhkan waktu kurang leih 5-7 menit.
  8. Proses flash akan selesai setelah muncul notifikasi seperti gambar berikut ini;

Langkah selanjutnya, lepaskan kabel USB – lepas lalu pasang lagi baterainya – nyalakan Sony Xperia E1 D2005 dengan menekan tombol power.

Catatan:

Dengan metode flash seperti ini, masalah eror terkait sinyal yang tidak stabil bisa teratasi. Berarti ini bisa disimpulkan hanya kerusakan masalah software.

ady June 3, 2017 at 2:36 pm

mas jika berkenan tampilkan hash md5 nya setiap ada file yg mesti di download, agar file tsb benar sesuai dengan sumbernya, khawatir terjadi kerusakan file saat donwload. tks

aries June 6, 2017 at 10:52 pm

Masukan ditampung dulu gan, thanks

Comments on this entry are closed.