Cara flash Lenovo A390 lengkap dengan tutorial video

by aries on June 16, 2015

Setelah kita membahas tentang cara Flash Lenovo A369i, kali ini kita akan share tutorial cara flash Lenovo A390. Sebenarnya smartphone ini masih bisa dioperasikan, hanya saja sering restart. Jadi, gak nyaman kan saat sedang BBM-an atau FB-an tiba-tiba HP restart.

Langkah pertama Cara flash Lenovo A390 lengkap dengan tutorial video

Untuk tutorial kali ini, saya akan jelaskan secara detail sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang terkumpul di WA saya. OK, langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini;

  1. Download dulu MTK-Driver, Flashtool dan Firmware Lenovo A390 dari link http://goo.gl/yNV0Px
  2. Ekstrak hasil download, kemudian install drivernya menyesuaikan dengan Windows yang Anda pakai. Disana sudah saya sediakan untuk driver Windows 7, XP dan lainnya.
  3. Buka Flashtool-nya dan klik Scatter loading, kemudian pilih file MT6572_Android_scatter.txt yang ada di Folder Firmware.
  4. Pastikan semua file seperti Preloader, DSP_BL, MBR dan lainnya sudah tercentang. Jika ada salah satu file yang belum tercentang, maka tidak bisa melakukan Firmware Upgrade (semacam install OS plus format), hanya bisa Firmware Download (hanya reinstall OS). Kalau dipaksakan Firmware Upgrade, maka akan muncul peringatan “Please make sure all necessary image are checked to be downloaded for Firmware Upgrade”. Kalau sudah tercentang semua, otomatis bisa untuk firmware upgrade ataupun firmware download. [Lihat gambar di atas]
  5. Kalau ternyata ada file yang belum tercentang, cukup centang saja, kemudian pilih file tersebut dari folder Fimrware yang sudah didownload tadi.
  6. Selanjutnya, Klik Firmware Upgrade.
  7. Pastikan HH dalam keadaan mati dengan baterai yang sudah dilepas sebelumnya.
  8. Hubungkan HH ke PC dengan kabel data USB, kemudian pasang baterainya. Secara otomatis, HH agan akan terdeteksi. Jika tetap stuck (gak jalan) ada kemungkinan instalasi driver tidak sukses. Jadi, restart dulu PC-nya kemudian install ulang drivernya.
  9. Saat PC sudah berhasil mendeteksi HH-nya, secara otomatis proses flash Lenovo A390 akan berlangsung.
  10. Proses Flash Lenovo A390 akan selesai dengan ditandai lingkaran berwarna hijau.

Catatan: Kasus yang dialami Lenovo A390 ini beda dengan Lenovo A369i yang mengalami bootloop. Tapi, dari keduanya bisa diatasi dengan cara Flash menggunakan firmwarenya masing-masing.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara Flash Lenovo A390 ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.