Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT S7270

by aries on October 4, 2016

Untuk Samsung Galaxy Ace, baik Ace 2 dan Ace 3 sering sekali bermasalah dengan internal memorinya. Artinya tipe ini sering mengalami kerusakan EMMC. Biasanya jika smartphone mengalami kerusakan EMMC, akan tetap saja eror (seperti bootloop) walaupun sudah diflash dengan proses flashing sukses atau flash selalu gagal (failed).

Nah, pada kesempatan kali ini ada servisan Samsung Galaxy Ace 3 yang selalu restart. Sebelum kita mengvonis terjadi kerusakan EMMC, sebaiknya kita maksimalkan dulu dari sisi software dengan cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT S7270. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Download dulu firmware Samsung Galaxy Ace 3 GT S7270 dari situs sammobile.com setelah itu ekstrak. Selengkapnya, Anda bisa baca cara download firmware Samsung dari sammobile.com
  2. Download Odin dari alltutorial.net, lalu ekstrak
  3. Downlod Samsung USB driver dari situs http://bit.ly/20rfZnX, ekstrak lalu install. Atau Anda bisa skip step ini jika menggunakan minimal Windows 7 yang terkoneksi dengan jaringan internet.
  4. Buka Odin, lalu klik pada bagian PDA (atau AP). Setelah itu masukkan firmware Samsung Galaxy Ace 3 yang sudah kita ekstrak tadi. Tunggu proses Odin sampai berhasil me-load firmware tersebut.
  5. Sebelum konekkan Samsung Galaxy Ace 3 ke PC, terlebih dahulu kita harus masuk ke download mode. Caranya, HP dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power, volume bawah dan tombol home secara bersamaan. Setelah itu, lepaskan ketiga tombol tersebut lalu kita tekan tombol volume atas.
  6. Setelah berhasil masuk ke mode download, koneksikan HP ke PC dengan kabel USB.
  7. Setelah HP terdeteksi oleh Odin, klik tombol Start dan tunggu proses flash selesai dengan ditandai tulisan RESET di odin. Dengan demikian, HP akan restart secara otomatis dan tunggu prosesnya sampai Samsung Galaxy Ace 3 menampilkan home screen.

Untuk mempermudah tentang Cara Flash Samsung Galaxy Ace 3 GT S7270 berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya berikut ini;

Catatan: Setelah proses flash sukses, namun Samsung Galaxy Ace 3 ini tetap saja sering restart dengan sedirinya. Akhirnya, saya ganti firmware Samsung Galaxy Ace 3 versi Vietnam dan proses flash dengan menambahkan opsi mencentang NAND Erase All. Setelah selesai flash, saya lakukan hard reset Galaxy Ace 3 dan akhirnya done (tidak restart lagi seperti sebelumnya).

Dengan metode tambahan ini, saya sukses mengatasi masalah restart pada Galaxy Ace 3. Entah kebetulan atau memang demikian cara fixnya saya belum tahu persis karena yang saya uji coba hanya satu HP Galaxy Ace 3 saja.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment