Cara Flash Samsung Galaxy Fame Lite GT-S6790

by aries on May 7, 2016

Sebelum membahas tentang cara flash samsung galaxy fame lite GT-S6790, perlu diketahui produk smartphone ini tidak beredar di pangsa pasar Indonesia. Tapi bukan berarti smartphone ini sama sekali tidak ada di Indonesia. Menurut user yang mau servis, dia beli HP tersebut saat jadi TKI di Taiwan.

Sedangkan alasan diservis itu sendiri adalah Samsung Galaxy Fame Lite selalu restart setelah muncul logo samsung. Untuk menegatasinya, saya langsung menerapkan metode flashing. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Download dulu Firmware Samsung Galaxy Fame Lite GT-S6790 versi Taiwan dari situs sammobile.com. Caranya bisa baca pada artikel ‘cara download firmware samsung dari sammobile
  2. Download Odin 7 dari situs http://bit.ly/1VNUSO5, lalu ekstrak.
  3. Download Samsung USB driver dari situs http://bit.ly/1QUTWj3, ekstrak lalu install driver tersebut. Langkah ini bisa di skip kalau memang PC Anda memakai minimal Windows 7 dan terkoneksi internet. Karena disaat ponsel dalam keadaan mode download lalu dikonek ke PC secara otomatis driver akan terdownload dan install dengan sendirinya.
  4. Jalankan Odin 7, lalu klik pada bagian PDA dan masukkan firmware samsung galaxy fame lite yang sudah di ektrak.
  5. Tunggu beberapa saat sampai firmware berhasil di load. Biasanya akan ada notifikasi Odin not responding, kita biarkan saja dulu karena hal itu masih merupakan proses load firmware.
  6. Masuk mode download, caranya; HP dalam keadaan off tekan dan tahan ketiga tombol (power, home dan volume bawah). Setelah ada notifikasi Warning, tekan volume up.
  7. Setelah muncul gambar robot ijo dengan tulisan downloading, baru koneksikan HP ke PC dengan kabel usb.
  8. Jika driver sudah terinstall dengan benar, secera otomatis pada ID COM; akan muncul warna biru.
  9. Langkah selanjutnya, klik Start dan tunggu proses flash samsung galaxy fame lite selesai dengan ditandai tulisan RESET.
  10. Jika ditengah proses flash gagal, biasanya ini disebabkan baterai pada HP tersebut lemah. Jadi pastikan baterai terisi minimal 50 persen sebelum melakukan flashing. Jika baterai sudah full namun masih juga gagal, coba ganti PC untuk melakukan flashing. Jika masih sama, ada kemungkinan terjadi kerusakan EMMC-nya.

Untuk mempermudah tentang Cara Flash Samsung Galaxy Fame Lite GT-S6790, berikut ini kami sertakakan panduan berupa tutorial videonya.

Comments on this entry are closed.