Cara Flash Samsung Galaxy Note GT-N7000

by aries on April 15, 2016

Setelah sukses replace EMMC Galaxy Note N7000, tentunya langkah selanjutnya adalah mengisi file firmware untuk smartphone tersebut, atau hal ini biasa disebut dengan istilah flashing. Dalam melakukan flash Samsung Galaxy Note GT-N7000 saya mengalami banyak kendala, diantaranya adalah;

Setelah replace emmc, saatnya flash samsung galaxy Note N7000

  1. Flash sukses, hanya saja Galaxy Note GT-N7000 imei jadi null atau invalid gara-gara Baseband Unknown. Selain itu, yang terbaca hanya internal systemnya 2GB. Untuk internal memory (USB Storage) tidak terbaca. Padahal EMMC-nya menggunakan 16GB dan sudah dipartisi saat proses replace EMMC.
  2. Setelah itu, saya coba ganti file lain dari koleksi stok firmware Galaxy Note GT-N7000. Sebanyak empat file dicoba untuk flash dan tidak ada yang tembus.

Karena dikejar deadline, mau tidak mau harus dikerjakan sampai beres. Akhirnya saya download firmware GT-N7000 dan saya coba flash, Alhamdulilah done. Penasaran dengan rahasianya? Berikut langkah-langkahnya;

  1. Sejak awal saya sudah curiga kalau HP ini merupakan Galaxy Note Korea. Makanya ketika saya flash dengan empat file yang versi BI (biasanya ada kode XSE pada firmware hasil download) tidak tembus juga.
  2. Akhirnya saya download Firmware Samsung dari Sammobile dan ambil dari produk Taiwan (file firmware Galaxy Note untuk Negara Taiwan)
  3. Selesai download lalu ekstrak firmware tersebut.
  4. Masuk download mode, caranya; Galaxy Note dalam keadaan off tekan dan tahan tiga tombol, yakni volume bawah, home dan power. Setelah itu, lepaskan ketiga tombol tersebut kemudian tekan volume atas.
  5. Konekkan HP ke PC dengan kabel USB. Kalau PC terkoneksi ke internet dan Anda mengunakan Windows 7 ke atas, secara otomatis Samsung USB driver akan terdownload dan install dengan sendirinya.
  6. Buka Odin versi 3.9, secara otomatis pada ID:COM akan ada tanda warna biru yang mengartikan Galaxy Note sudah terdeteksi oleh PC. Jika tidak, ada kemungkinan proses install Samsung USB driver tidak sukses, atau kabel USB atau konektor cas pada HP yang bermasalah.
  7. Setelah itu, klik PDA dan masukkan file firmware Galaxy Note yang sudah diektrak.
  8. Tunggu beberapa saat sampai firmware berhasil di load.
  9. Klik tombol Start dan proses flash akan berjalan.
  10. Flash akan selesai jika sudah ada tulisan PASS pada Odin tersebut.

Untuk mempermudah tentang cara flash Samsung Galaxy Note GT-N7000, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Setelah flash sukses, masalah atau problem yang saya sebutkan diatas sudah fix, hanya saja pada IMEI-nya tidak sesuai dengan yang tertera dibalik baterai. Untuk itu, akan saya lakukan repair IMEI dengan Octoplus. Mengenai hal ini, akan saya bahas pada episode mendatang. 🙂

Comments on this entry are closed.