Cara Flash Samsung Galaxy Tab P1000 Gingerbread

by aries on October 18, 2016

Samsung Tab P1000 merupakan produk Tab pertama yang dikeluarkan oleh Samsung pada tahun 2010 akhir. Namannya juga Tab jadul, jadi wajar jika OS yang dipakai masih versi 2.2 atau Android Froyo.

Nah, Android Versi 2.2 ini tentunya belum bisa mendukung untuk dikasih aplikasi BBM. Karena BBM itu sendiri minimal harus menggunakan Android 2.3 atau Gingerbread.

Untungnya saat ini sudah tersedia firmware upgrade ke versi 2.3, jadi kita bisa melakukan flash dengan firmware tersebut. Berikut cara flash Samsung Galaxy Tab P1000 Gingerbread;

  1. Donwlod dulu firmware Samsung Galaxy Tab P1000 dari situs sammbile.com. Caranya Anda bisa baca tips trik download firmware Samsung dari sammobile gratis selamanya bos.
  2. Setelah kelar download, jangan lupa ekstrak firmwarenya.
  3. Download Android Samsung USB driver dari http://bit.ly/1xcm8HJ. Ekstrak, lalu install driver tersebut.
  4. Download Odin dari sini, lalu ekstrak.
  5.  Buka Odin, lalu klik PDA dan masukkan file firmware Galaxy Tab P1000 yang sudah kita ekstrak tadi.
  6. Masuk ke Download mode. Caranya; Samsung Galaxy Tab P1000 dalam keadaan mati tekan tombol power serta volume bawah secara bersamaan. Setelah muncul Downloading, koneksikan HP ke PC.
  7. Jika Samsung USB driver sudah terinstall dengan benar, secara otomatis pada ID:COM akan berubah menjadi warna biru.
  8. Setelah itu, klik Start dan tunggu proses flash Samsung Galaxy Tab P1000 selesai dengan ditandai Notifikasi RESET.
  9. Ada yang berpendapat, sampai muncuk notifikasi PASS, namun akhir-akhir ini saya cabut kabel USB setelah beberapa detik muncul RESET dan ternyata tidak ada masalah. Entah ini kebetulan atau memang tidak saya tidak tahu. (kalau dikatakan kebetulan, tapi kok selalu sukses 🙂 )
  10. Tunggu beberapa saat sampai Samsung Galaxy Tab P1000 menampilkan home screen. Biasanya memakan waktu kurang lebih 5 menit.

Untuk mempermudah tentang cara falsh Samsung Galaxy Tab P1000 Gingerbread, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Setelah muncul notifikasi RESET di Odin, logikanya Samsung Galaxy Tab P1000 ini akan restart otomatis dan langsung loading untuk menuju ke tampilan Home Scrren. Namun untuk Samsung Galaxy Tab P1000 yang saya flash ini justru langsung masuk ke mode download. Saya juga gak tahu kenapa demikian. Setelah saya tunggu beberapa saat masih tetap tampilan download mode, akhirnya saya cabut kabel USB dan saya matikan untuk restart manual.

Setelah itu, dia mulai loading dan akhirnya tetap berhasil masuk ke menu home sreen. Setelah saya cek, versi Androidnya sudah jadi 2.3.3

Comments on this entry are closed.