Cara Flash Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312

by aries on April 29, 2017

Ponsel Android merupakan salah satu ponsel pintar yang banyak sekali memiliki pengguna. Baik anak-anak, orang tua, pejabat, bahkan wong ndeso (orang-orang desa yang jauh dari pekotaan) sudah memegang ponsel besutan Google tersebut.

Namun terkadang, bagi mereka yan baru ‘melek’ teknologi mengartikan ponsel pintar sebagai ponsel yang bisa digunakan untuk apapun dengan cara install aplikasi yang diinginkan. Mereka tidak mempertimbangkan kapasitas ROM, memory, dan kemampuan prosesor. Akbitanya Android yang dijuluki ponsel pintar semakin lama menjadi lambat, lola sehingga menjadi ‘bloon’ gara-gara stuk di logo atau bootloop.

Sebenarnya ini bukan kesalahan dari system Android itu sendiri, melainkan user-nya yang tidak menempatkan sesuatu pada tempat yang semestinya. Ibarat botol yang sebenarnya hanya muat untuk 2 liter air malah di isi 4 liter. Jadi tumpah kan, atau bisa jadi pecah tu botol.

Kronologi yang seperti ini, saya jadi ingat Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312 bootlop gara-gara kebanyakan data dan aplikasi yang terinstall. Langkah pertama yang kita ambil adalah dengan melakukan hard reset. Jika hard reset sudah selesai (sukses) namun hasilnya masih tetap bootloop, berarti kita harus lakukan flashing. Berikut cara flash Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312

Tool dan file yang dibutuhkan

  1. Download Odin dari bit.ly/1VNUSO5, lalu ekstrak
  2. Download Samsung USB driver dari http://bit.ly/20rfZnX lalu install
  3. Download firmware dari sammobile. Jika belum tahu caranya, bisa baca tutorialnya di sini.

Cara Flash Samsung Galaxy Y Neo Duos

  1. Masuk download mode. Caranya; Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312 dalam keadaan off, tekan ketiga tombol (power, volume bawah, dan tombol home). Setelah muncul tulisan Warning lepaskan semua tombol tersebut. Selanjutnya tekan tombol volume atas untuk masuk ke download mode.
  2. Konek Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312 ke PC dengan kabel USB, tunggu beberapa saat hingga PC berhasil mendeteksi devices secara sempurna.
  3. Buka Odin, maka secara otomatis pada ID:COM akan ada warna biru langit, setelah itu klik PDA dan masukkan firmware Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312 yang sebelumnya sudah kita ekstrak.
  4. Tunggu beberapa saat hingga Odin berhasil me-load firmware secara sempurna. Setelah itu, klik start dan tunggu proses flash Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312 sampai selesai.

Untuk mempermudah tentang cara flash Samsung Galaxy Y Neo Duos GT-S5312, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial vidoenya.

{ 2 comments… read them below or add one }

Ahmad May 3, 2017 at 12:36 am

Kalo masalahnya di bagian usb bagaimana mas? saya sudah coba gonta ganti usbnya tapi tidak kedetek? ada solusin mas? mohon dibls.

Yaniar Asmara May 3, 2017 at 5:29 pm

Kalo sdh gonta ganti kabel usb ttetep sama aja berarti masalahnya tidak di kabel USB. Perlu cek, port USB PC, konektor cas HP.

Leave a Comment