Cara Flash Samsung Galaxy Young GT-S5360

by aries on June 14, 2015

Beberapa hari yang lalu, ada pelanggan yang datang ke konter saya untuk servis Samsung Galaxy Young GT-S5360.

“Mas mau servis, HP saya restart melulu saat setelah muncul logo Samsung, kira-kira kapan ya jadinya” Tanya dia begitu. “Kalau mau, sekarang bisa ditunggu, kira-kira 30 menit jadi mas” jawabku.

Langkah pertama Flash Samsung Galaxy Young GT-S5360

Karena dia mau menunggu, saya langsung mengerjakan dengan cara nge-flash Samsung Galaxy Young GT-S5360 tersebut. Mau tahu caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah punya kabel data USB
  2. Firmware Samsung Galaxy Young GT-S5630 dan Odin versi 2.3.6. Keduanya saya jadikan satu folder dan bisa kamu download dari situs http://bit.ly/1PEbsJB
  3. Selain itu, kamu juga harus mempunyai driver Samsung USB, kamu bisa google dulu. Banyak kok, situs yang menyediakan driver USB for Samsung. Setelah itu, jangan lupa install drivernya.
  4. Buka odin yang sudah kamu download tadi. Klik PIT dan masukkan file totoro_0623.pit. Klik Bootloader dan masukkan file BOOT-nya. Klik PDA dan masukkan file PDA. Klik Phone dan masukkan file MODEM. Klik CSC dan masukkan file Multi CSC. (Awas jangan sampai salah..!! Lihat gambar di atas)
  5. Matikan HH, kemudian masuk ke mode download. Caranya; Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Menu + Volume Down + Power.
  6. Setelah itu, tekan tombol Volume Up untuk melanjutkan ke mode download.
  7. Saat mucul logo Android berikut tulisan Downloading dibawahnya, sambungkan kabel data ke PC.
  8. Jika, driver USB Samsung sukses terinstal, maka akan ada terdeteksi warna kuning pada ID:COM.
  9. setelah itu klik Start dan tunggu proses flash Samsung galaxy Young GT-S5630 sampai selesai dengan ditandai tulisan PASS! dengan background berwarna hijau.
  10. Cabut USB, lepaskan baterai lalu pasang kembali dan nyalakan HH-nya.

Dengan Firmware ini, saya sukses flash Samsung Young tersebut, namun sayang meski sudah bisa dioperasikan, HH-nya masing sering restart. Akhirnya saya flash ulang lagi dengan Firmware Samsung Galaxy Young GT-S5630 versi terbaru. Dan Alhamdulillah, HH-nya kembali normal (tidak restart melulu).

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara flash Samsung Galaxy Young GT-S5630 ini, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.