Cara Flash Samsung Replika Yang Benar

by aries on November 2, 2015

Sebagai bahan percobaan di sini ada Samsung Replika SM-G9006V yang kebetulan bermasalah pada angka nol, bintang, dan pagar. Memang eror ini bisa diatasi dengan metode hard reset, namun tidak bertahan lama (dalam waktu kurang dari 24 jam, mengalami eror yang sama). Tutorial ini, disamping memberikan panduan tentang cara flash samsung replika yang benar, sekaligus untuk mengatasi eror seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Selain itu, tutorial ini saya buat terinspirasi banyaknya kasus salah firmware yang berakibat pada matotnya samsung replika atau supercopy. Berikut langkah-langkahnya;

Ketahui spek aslinya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menganalisa spek asli dari samsung replika, meski sekilas samsung replika ini sama dengan seri smartphone supercopy yang sudah saya bahas pada artikel cara flash samsung SM-G9006V. Tapi saya tidak mau terkecoh, untuk itu saya langsung cek spesifikasinya dengan mtk droid tool.

  1. Pastikan samsung replika sudah di root.
  2. Aktifkan mode usb debungging, caranya baca langkah-langkah mengaktifkan mode usb debunging.
  3. Koneksikan HH ke PC, lalu buka MTK Droid Tool.
  4. Tunggu beberapa saat hingga spesifikasi samsung replika terlihat
  5. Jika jenis LCD Driver IC belum terlihat, klik ROOT lalu pilih Yes pada kotak dialog yang ditampilkan.
  6. Jika muncul peringatan “ATTENTION! Requests for confirmation on the device screen are possible!” Close MTK Droid Toolnya dan lepaskan kabel usb.
  7. Buka MTK Droid  Tool dan koneksikan HH ke PC, secara otomatis akan berhasil akses root shell dengan ditandai warna hijau di bagian bawah kiri. Dengan demikian, jenis LCD Driver akan terlihat.
  8. Nah, untuk Samsung Replika SM-G9006V kali ini beda dengan SM-G9006V yang sudah saya bahas sebelumnya dari segi LCD Driver IC. Makanya tadi saya katakan “Tidak mau terkecoh”

Catatan: Cara di atas jika memang samsung replika masih hidup, kalau sudah bootloop apalagi mati total sulit untuk mengetahui spesifikasi asli dari HP tersebut. Solusinya, mencoba satu persatu firmware yang menurut kita paling cocok.

Backup ROM atau firmware aslinya

Setelah kita mengetahui spek asli, ada baiknya rom atau firmware asli kita backup. Hal ini diperlukan untuk jaga-jaga jika ternyata firmware yang kita gunakan nantinya tidak cocok. Selengkapnya, bisa baca cara backup ROM Android dengan MTK Droid Tool.

Cari Firmware yang cocok untuk samsung replika

Setelah kita mengetahui spek asli dari samsung replika, saatnya kita browsing mencari firmware yang sesuai dengan spek yang terlihat di MTK Droid Tool. Anda bisa lihat koleksi firmware samsung replika milik saya. Selesai download firmwarenya, jangan lupa ekstrak ya.!

Flash Samsung Replika

Setelah kita menemukan firmware yang cocok untuk samsung replika milik kita, saatnya melakukan flashing. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Download MTK Driver dari situs http://bit.ly/1UhSmu4 lalu install
  2. Download Flash tool dari situs http://bit.ly/1N0hlmW
  3. Buka SP Flash Tool, klik Scatter Loading dan pilih file scatter dari folder firmare yang sudah kita download sebelumnya
  4. Pastikan HH dalam keadaan mati, lalu lepas baterainya.
  5. Klik Download di SP Flash Toolnya.
  6. Konekkan HH dengan kabel USB ke PC lalu pasang baterainya.
  7. Proses flash akan berjalan setelah muncul warna merah.
  8. Tunggu proses flash selesai dengan ditandai lingkaran hijau.
  9. Cabut Kable USB, lepas lalu pasang kembali baterainya dan hidupkan HH-nya.

Untuk mempermudah cara flash samsung replika yang benar, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

rinto November 21, 2015 at 11:58 pm

mas saya punya kendala dgn samsung S5 replika tipe sm-G9006V dia hanya nyalanya sampai tulisan samsung aja,mas???terus harus apa yg bisa saya laku kan supaya bisa lagi mas????

Aris Ahmad November 22, 2015 at 3:12 pm

Dalam keadaan HP mati, tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, masuk factory mode – ada tulisan cina – lalu pilih EMMC – konekkan HH ke PC, buka buka mtk droid tool. setelah terbaca speknya silahkan download firmwarenya di kumpulan firmware samsung replika.

lebih jelasnya bisa baca tips mencari firmware yang cocok untuk samsung replika.

Gani January 15, 2016 at 10:16 am

mas, s5 ane mentok di logo, waktu flash hh ane gk mau ke baca padahal udah d instal mtk droid, waktu buka flash tool, tulisan ny searching aj mas, 1 jam kemudian jg gitu aj

Aris Ahmad January 16, 2016 at 10:13 am

MTK driver belum terinstall dengan benar..

agus January 22, 2016 at 7:18 pm

GAN lo LCD DRIVE IC nya…gak bsa pke cara root gmna…gan…ane udah pake cara d atas tetep gak bsa…gk nampak

Aris Ahmad February 4, 2016 at 2:10 pm

Pastkan sudah di root dulu sebelumnya, bisa baca cara root android dengan kingoroot.

asror February 20, 2016 at 9:07 am

Saya coba Flash Samsung Note 3 GT-N9000, MTK5672_s00 tapi setelah di Flash Layar Blank, belom saya backup Datanya jadi gak tahu spesifikasi hardware, kemudian saya gabung2kan firmwarenya, preloader, boot dan lainya saya ambil dari Firmware lain
Apa ada saran mas?..
Terima kasih sebelumnya (asror-085224128688)

Comments on this entry are closed.