Cara Flash Samsung S4 GT-I9500 MT6577

by aries on November 22, 2016

Beberapa hari yang lalu, datang servisan Samsung Galaxy S4 Replika MT6577 yang merupakan kiriman dari Jakarta. Menurut user, S4 GT-I9500 MT6577 tersebut nyangkut di logo alias bootloop. Setelah saya cek memang benar demikian.

Saat pertama kali datang, tentu saya belum tahu jenis chipset MTK-nya berapa, setelah saya cek dengan Miracle Box, dia menggunakan chipset MT6577. Selain itu, log di Miracle Box juga saya jadikan acuan untuk mencari firmware yang dirasa cocok.

Setelah melalu beberapa analisa, akhirnya saya mantap untuk melakukan flashing. Kebetulan stock firmware sudah ready jadi tidak perlu download. Ok, langusng saja berikut Cara Flash Samsung S4 GT-I9500 MT6577 dengan SP Flash Tool;

Backup ROM

Jika kita tidak bisa mengetahui spek Samsung replika secara detil di MTK droid tool karena berbagai hal, ada baiknya backup ROM aslinya dengan Miracle Box atau sejenisnya untuk mengantisipasi jika saja firmware yang nantinya akan kita gunakan tidak cocok.

Tool yang dibutuhkan

Berikut adalah tool atau file yang dibutuhkan untuk melakukan flash Samsung S4 Replika

  1. Downlod SP flash Tool dari http://bit.ly/2dcnNHA, lalu ekstrak
  2. Download MTK driver dari http://bit.ly/1Ir9TdN, ekstrak lalu install driver tersebut.
  3. Download Firmware. Terkait hal ini bisa baca Firmware S4 MT6577 Tested agar tahu detil speknya. Hal ini penting untuk menentukan apakah firmware cocok dengan S4 Replika milik Anda atau tidak.

Cara Flash

  1. Buka SP Flash Tool, klik scatter-loading dan masukan file scatter yang ada di folder firmware S4 GT-I9500 MT6577.
  2. Jangan centang preloader kecuali Anda sudah mempunyai file backup dari ROM aslinya.
  3. Klik Download di SP Flash Tool, lalu konek HP ke PC dengan kabel USB. Setelah konek, baru pasang baterainya.
  4. Jika MTK driver sudah terinstall dengan benar, secara otomatis proses flash akan berjalan.
  5. Jika muncul masalah PMT, cara mengatasinya bisa baca pada artikel Cara Mengatasi Error “PMT changed for the ROM”.
  6. Setelah masalah PMT teratasi, ulabgi lagi langkah No. 3, dan tunggu proses flash selesai dengan muncul warna hijau “Download Ok”
  7. Setelah itu, cabut kabel USB, lepas lalu pasang lagi baterianya. Kemudian nyalakan HP dengan menekan tombol power.

Untuk mempermudah tentang Cara Flash Samsung S4 GT-I9500 MT6577, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Setelah berhasil, saya cek IMEI dengan menekan *#06# di sana terdapat dua IMEI yang berarti untuk dua SIMCard (SIM 1 & SIM 2). Kedua IMEI tersebut sama-sama invalid.

Nah, yang agak membuat saya bingung adalah HP yang diflash ini hanya satu SIM. kemudian saya repair hanya IMEI 1 saja dengan MTK Droid Tool bisa done dan work (artinya bisa buat telp dan sms serta internetan via data). Yang SIM 2 saya biarkan apa adanya. Jadi saya tidak tahu persis apakah sebenarnya firmware ini untuk dual SIM tapi tetap compatible untuk yang 1 SIM. Atau Firmware ini memang real untuk 1 SIM.

Comments on this entry are closed.