Cara Flash Sony Xperia W8 (E16i) dengan Firmware X8 (E15i)

by aries on August 18, 2015

Perlu diketahui, Xperia X8 dengan W8 merupakan smartphone kembar keluaran Sony. Keduanya memiliki kesamaan baik dari segi body, layar dan kameranya. Yang membedakan hanyalah aplikasi musik bawaannya, W8 menggunakan aplikasi musik walkman sedangkan untuk X8 aplikasi musiknya standar.

Nah, yang akan masuk di meja bedah flash kali ini adalah Xperia W8 yang mengalami bootloop gara-gara salah custom rom. Namun firmware yang akan saya gunakan untuk flash adalah Xperia X8. Apakah ini bisa sukses, atau malah gagal dan jadi matot? Simak langkah-langkahnya berikut ini;

  1. Download dulu software Sony PC Companion dari situs resminya di http://bit.ly/1A2bfwA. Supaya HH bisa terdeteksi oleh PC
  2. Download flashtool dari situs http://bit.ly/1hlv8rc lalu install.
  3. Download firmware dari situs http://bit.ly/1IZVfg4, lalu ekstrak ke C:flashtoolfirmware (folder firmware dari hasil instalan flashtool di atas)
  4. Di dalam folder flashtool, cari folder driver. Lalu install driver yang ada di dalam folder tersebut. Jangan lupa centang semua komponen yang ada.
  5. Saat muncul Windows Security, pilih Install this driver software anyway
  6. Buka flashtool, lalu pilih menu AdvancedBundle Creation
  7. Pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih “Select source folder” dari folder firmware. Lalu isikan Device: Xperia, Version: X8, Bandring: Sony Ericsson.
  8. Pada “folder List” select all dengan cara tekan CTRL + A, lalu pindahkan ke kanan. Setelah itu, klik OK
  9. Setelah ada tampilan “Finished Bundle Creation” klik Flash (kaya logo PLN) lalu pilih flashmode kemudian klik OK
  10. Pada Firmware content, kita pilih semua file lalu klik OK
  11. Saat ada tampilan USB, pastikan HH dalam keadaan mati, lalu sambungkan ke PC sambil tekan dan tahan tombol Back.
  12. Dengan demikina, proses flash Sony Xperia W8 akan dimulai dan akan selesai jika sudah ada notifikasi Flashing Finished.
  13. Cabut, Kabel data dari PC, lalu nyalakan HH-nya

Jika masih bingung, kamu bisa lihat langsung video tutorial cara flash Sony Xperia W8 di bawah ini;

Dengan demikian, flash Sony Xperia W8 berhasil saya flash dengan firmware Sony Xperia X8. Bagaimana kalau dibalik? Nah, untuk hal ini perlu kita coba dulu, tapi nuggu HH X8 dulu tentunya untuk percobaan.

Comments on this entry are closed.