Cara Flash Tab Advan T5C Bootloop

by aries on April 7, 2016

Beberapa hari yang lalu, masuk meja servisan Advan T5C dalam kondisi bootloop. Seperti biasa, langkah pertama yang saya ambil adalah menerapkan metode hardreset pada Tab Advan T5C tersebut dengan cara; Tab Advan T5C dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power sekaligus volume atas secara bersamaan. Karena langkah ini gagal, saya langsung backup rom dengan Volcano untuk menagantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti matot setelah diflash dan lainnya. Namun, lagi-lagi proses backup gagal gara Tab Advan T5C tidak terdeteksi oleh PC (Unknown device).

Melihat kronologi di atas, penasaran kan apa yang mesti saya lakukan? Ok, langsung saja berikut ini langkah-langkah yang saya ambil untuk mengatasi masalah botloop pada Tab Advan T5C;

  1. Pemerikasaan tombol power dan volume, setelah bongkar Tab Advan T5C ada kerusakan pada swit on off, hanya saja yang tidak berfungsi bagian volume. Setelah konfirmasi ke user memang benar adanya kalau tombol volume sudah rusak sebelumnya. Ini saya skip karena user belum mau untuk diganti (diservis pada bagian swit itu)
  2. Pemerikasaan konektor charger. Kasusnya kalau buat ngecas dia masuk, cuman untuk data tidak masuk (unknown device) seperti yang saya jelaskan di atas. Jadi tidak ada jalan lain kecuali ganti konektor cas supaya bisa diflash.
  3. Setelah konektor charger diganti, jalur data masih saja belum masuk. Akhirnya dijumper saja supaya jalur akses data bisa.
  4. Setelah jalur data masuk (Tab Advan T5C bisa terdeteksi oleh PC), saya format dengan volcone sebagai ganti dari hard reset yang tidak bisa dilakukan gara-gara tombol volume tidak fungsi.
  5. Format auto dengan volcano sukses, namun Tab Advan T5C masih tetap kondisi bootloop.

Setelah beberapa upaya yang saya lakukan diatas, jalan terakhir adalah dengan melakukan flash Tab Advan T5C, berikut langkah-langkahnya;

  1. Download SP Flash tool rekomendasi versi 5, silahkan Googling ya..!!
  2. Download MTK driver dari situs http://bit.ly/1Ir9TdN, lalu install
  3. Download firmware Advan T5C dari situsĀ http://bit.ly/1RNY6eb lalu ekstrak
  4. Buka SP Flash Tool, lalu klik scatter-loading dan masukkan file scatter yang terdapat di folder firmware Tab Advan T5C yang sudah kita ekstrak tadi.
  5. Setelah itu, klik Download di SP flash tool, lalu konekkan Tab Advan T5C dalam keadaan off ke PC.
  6. Proses flash akan berjalan, jika tidak ada kemungkinan driver MTK belum terinstall dengan benar.
  7. Proses flash akan selesai dengan ditandai muncul lingkaran berwarna hijau.

Untuk mempermudah tentang cara flash Tab Advan T5C, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingin, tidak ada salahnya backup dulu rom asli dengan Volcano atau Miracle Box sebelum melakukan flash Tab Advan T5C.

Comments on this entry are closed.