Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2 dengan SP Flash Tool

by aries on October 31, 2016

Sebelum kita membahas tentang Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2, terlebih dahulu saya paparkan alasan Redmi Note 2 ini saya flash. Redmi Note 2 ini sebenarnya tidak mengalami bootloop ataupun matot. Masalahnya cuman mau di unroot dan mengembalikan ke system standar (sebelumnya sudah diuprek).

Sebenarnya saya sudah memberikan opsi untuk melakukan unroot menggunakan PC yang tentunya dibantu dengan salah satu dari aplikasi root dengan PC yang sudah cukup terkenal, tapi sayangnya user gak mau. Dia tetap minta untuk dilakukan flash pada Redmi Note 2 tersebut.

Untuk melakukan flash Xiaomi Redmi Note 2 bisa dengan menggunakan MiFlash, ataupun dengan SP Flash Tool. Biasanya opsi kedua ini digunakan jika Xiaomi Redmi Note 2 sudah terlanjur matot. Tapi jika tidak matot disarankan pakai MiFlash saja. Karena cara flash Xiaomi Redmi Note 2 dengan Miflash sudah saya jelaskan, sekarang saatnya kita gunakankan SP Flash Tool. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingankan seperti jadi matot setelah flash, sebaiknya backup dulu rom aslinya dengan Miracle Box, atau bisa backup dengan MTK Droid Tool.
  2. Download Firmware Xiaomi Redmi Note 2 dari http://bit.ly/2eXbjJ1
  3. Ekstrak firmware tersebut dengan menggunakan 7zip (rekomendasi) atau sejenisnya. Jika hasil ekstrak bukan berupa file .rar, kita ganti ekstensi file tersebut. Caranya; cukup rename dengan menambhakan “.rar” tanpa tanda kutip ya lalu enter.
  4. Setelah berupa file rar, kita ekstrak lagi sehingga berupa folder yang didalamnya ada file firmware Xiaomi Redmi Note 2. (file scatter dkk)
  5. Download MTK driver dari http://bit.ly/1Ir9TdN, ekstrak lalu install
  6. Download SP Flash Tool dari http://bit.ly/2dcnNHA, lalu ekstrak.
  7. Buka SP falsh tool, klik scatter-loading dan masukkan file scatter dari folder fimrware Xiaomi Redmi Note 2 yang sudah kita ektrak tadi.
  8. Jangan centang preloader yang berarti kita hanya bisa pilih satu opsi, yakni Download only. Atau centang preloader yang berarti banyak pilihan seperti Fimrware Upgrade, Format All + Dwonload. Jika pilih centang preloader, pastikan sudah punya file backup dari rom aslinya seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
  9. Langkah selanjutnya, klik Download yang ada di SP Falsh Tool lalu koneksikan HP ke PC dengan kabel USB. Setelah konek, baru pasang baterai.
  10. Jika driver sudah terinstall dengan benar, secara otomatis flash akan berjalan.
  11. Flash akan selesai setelah ada notifikasi Download OK seperti gambar di bawah ini.
  12. Cabut kabel USB, lepas dan pasang lagi baterai lalu coba nyalakn HP dengan menekan tombol power.
  13. Tunggu sampai Xiaomi Redmi Note 2 berhasil menampilkan layar home screen, biasanya memakan waktu 5 – 10 menit. Jadi mohon sabar menanti.

Untuk mepermudah tentang cara falsh Xiaomi Redmi Note 2 dengan SP Flash Tool, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment