Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

by aries on August 26, 2016

Tepatnya 3 hari yang lalu datang servisan Xiaomi  Redmi Note 2 yang mengalami hang logo atau bootloop. Tapi bootloopnya ini stengah-stengah, artinya kadang dia tidak nyangkut di logo namun bisa langsung masuk ke home screen seperti HP normal pada umumnya.

Kalau sudah berhasil masuk home screen, beberapa saat kemudian dia restart, terus kadang stuck di logo dan terkadang juga bisa jalan terus sampai nyala normal. Namun, prosentasenya lebih banyak stuck di logo.

Sebelum kita menarik kesimpulan ada kerusakan dari sisi hardware, alangkah baiknya kita maksimalkan dulu dari sisi software dengan cara Flash Xiaomi  Redmi Note 2. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Yang kita butuhkan tentu sebuah tool untuk flash Xiaomi, yakni MiFlash 2015 yang bisa didownload dari http://bit.ly/29qake4
  2. Selain itu, kita juga perlu firmware Xiaomi Redmi Note 2. Sementara, Anda bisa Googling dulu karena kami belum sempat upload. (file-nya gede bos 🙂 )
  3. Install MiFlash 2015 seperti biasa
  4. Firmware Xiaomi Redmi Note 2 yang saya download ini dipack dua kali. Jadi kita ekstraknya juga dua kali. Pertama ekstensi .tar, saya ekstrak dengan program 7zip. Hasil ekstrak ini berupa file .rar, kemudian saya ekstrak lagi dengan Winrar.
  5. Kopikan hasil ekstrak yang kedua ke Desktop PC Anda.
  6. Buka MiFlash lalu klik Browse dan masukkan folder firmware yang sudah kita kopikan tadi ke Desktop. Cara lain, Anda bisa kopi path dari folder firmware tersebut, lalu paste di kolom sebelah Browser
  7. Setelah itu, masuk ke fastboot mode. Caranya; Xiaomi  Redmi Note 2 dalam keadaan mati kita tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power. Setelah muncul tulisan fastboot kita lepasakn kedua tombol tersebut.
  8. Konekkan HP ke PC dengan kabel USB.
  9. Jika pada MiFlash belum terdeteksi device, kita klik refresh.
  10. Centang pada bagian flash all, lalu klik Flash. Secara otomatis proses flash Xiaomi  Redmi Note 2 akan berjalan.
  11. Setelah statusnya menjadi The operation completed successfully, berarti proses flash telah selesai dan Xiaomi  Redmi Note 2 akan reboot.
  12. Tunggu proses Xiaomi  Redmi Note 2 sampai menampilkan halaman home screen. Kurang lebih memakan waktu 5 menit.

Untuk mempermudah tentang cara Flash Xiaomi  Redmi Note 2, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: setelah dilakukan flash seperti cara diatas, terkadang Xiaomi  Redmi Note 2 masih restart sendiri. Berarti ada kemungkinan telah terjadi kerusakan hardware, entah itu kerusakan EMMC atau yang lainnya perlu meneliti lebih lanjut.

Comments on this entry are closed.