Cara Hard Reset Advan E1C Pro

by aries on November 4, 2016

Hard Reset atau mengembalikan setingan ponsel Android ke setingan pabrik merupakan cara yang paling simple untuk mengatasi berbagai masalah eror pada system Android tersebut. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips mengenai Cara Hard Reset Advan E1C Pro.

Sebelum kita mengarah ke pembahasan, terlebih dahulu saya paparkan alas an Advan E1C Pro ini saya lakukan hard reset. Advan E1C Pro ini sama sekali tidak keluar sinyal-nya, baik SIM 1 ataupun SIM 2. Padalah dari kedua IMEI untuk simcrad tersebut terdeteksi (tidak invalid IMEI). Ketika saya melakukan pencarian jaringan secara manual, selalu gagal dan ada pesan eror “tidak dapat terhubung ke jaringan”. Sehingga, sinyal pada kedua SIM tersebut jadi silang (ada tanda X berwarna merah).

Ketika ditest dengan menekan *#*#4636#*#* jelas kedua SIMCard tersebut terdeksi providernya. Meskipun, saya kurang yakin apakah dengan melakukan hard reset hal ini bisa fix, tapi tidak ada salahnya kita coba. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan baterai tersisi minimal 50 persen untuk mengantisipasi kegagalan saat proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  2. Advan E1C Pro dalam keadaan mati, tekan tombol power dan volume atas.
  3. Jangan lepaskan kedua tombol tersebut sampai berhasil muncul Android system recovery.
  4. Pilih Wipe data factory reset dengan menggunakan tombol volume bawah, untuk konfirmasi tekan tombol power (tombol power ini difungsikan sebagai Enter atau OKE-nya)
  5. Masih dengan tombol volume bawah, pilih Yes – delete all user data. Untuk konfirmasi tekan tombol power.
  6. Tunggu proses wiping selesai dengan ditandai muncul notifikasi Data wipe completed. Setelah itu, tekan tombol power. Secara otomatis Advan E1C Pro akan restart.
  7. Tunggu proses beberapa saat sampai Advan E1C Pro berhasil menampilkan home screen (kurang lebih memakan waktu 3-5 menit)

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Advan E1C Pro, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial video.

Catatan: Dengan metode seperti ini, ternyata masalah sinyal pada Advan E1C Pro tetap saja tidak bisa diatasi. Pada tutorial berikutnya, kita akan coba atasi masalah sinyal dengan melakukan flash Advan E1C Pro.

Meski demikian, setidaknya kita jadi tahu bagiamana sih cara hard reset Advan E1C Pro. Toh dengan hard reset seperti ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai maslah keruskan software pada Advan E1C Pro. Seperti eror sayangnya aplikasi telah berhenti, masalah Advan E1C Pro yang lemot ataupun masalah lupa pola atau kata sandi pada Advan E1C Pro.

Comments on this entry are closed.