Cara Hard Reset Advan S4M

by aries on October 14, 2015

Setelah empat hari absen dalam membuat artikel, Alhamdulillah pada hari ini saya sudah bisa menemani rekan-rekan alltutorial.net. Disamping karena kemarin-kemarin belum punya bahan, juga karena sidikit terserang flu. Jadi nggak sempat bikin dan pikiran jadi rada blank. OK, untuk memulai perjumpaan kali ini saya akan membahas tentang cara hard reset Advan S4M.

Cara Hard Reset Advan S4M

Tadi malam, ada user yang datang untuk servis Advan S4M yang mengalami masalah ‘Sayangnya, KeyguardTestActivity telah berhenti’. Eror ini menyebabkan Advan S4M sering terkunci dengan sendirinya dalam hitungan detik. Secara otomatis, tidak bisa masuk ke menu utama. Dengan demikian, tidak bisa mengoperasikan smartphone Advan S4M tersebut. Artikel tentang cara mengatasi error unfortunately coba saya terapkan. Akan tetapi tidak berhasil, karena cache tidak bisa dihapus. Untuk itu, saya mencoba menerapkan hard reset Advan S4M, berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan baterai Advan S4M terisi minimal 30 persen. Hal ini dibutuhkan agar tidak terjadi kegagalan dalam proses hard reset gara-gara kehabisan daya atau baterai.
  2. Masuk ke mode recovery Advan S4M. Caranya; Advan S4M dalam keadaan OFF, tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan. [Lihat gambar diatas!]
  3. Saat muncul logo khas Advan, tetap tekan dan tahan kedua tombol tersebut. Secara otomatis nanti Advan S4M akan muncul tulisan ‘Tidak ada perintah’, baru dilepas kedua tombol tersebut.
  4. Saat muncul tulisan ‘Tidak ada perintah’ lengkap dengan gambar robot yang terbuka mesinnya, tekan volume down.
  5. Setelah itu, pilih wipe data/ factory reset dengan menggunakan tombol volume down. Untuk konfimasi, pilih tombol power.
  6. Pilih Yes – delete all user data, dengan menggunakan tombol volume down dan tombol power untuk konfirmasi.
  7. Dengan melakukan langkah No. 6 ini, berarti semua data yang ada di memori telp akan terhapus. Termasuk aplikasi pihak ketiga yang kamu install via palystore atau via file APK-nya. Tidak demikian dengan aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan system.
  8. Tunggu proses hard reset selesai. Nah, setelah muncul tulisan Wipe data complete, pilih reboot system now. Secara otomatis Advan S4M akan melakukan restart dengan sendirinya.
  9. Untuk boot pertama kali setelah di hard reset agak lama, kurang lebih 1- 2 menit, jadi tunggu saja dan bersabarlah. 🙂

Sebagai bukti dan untuk mempermudah tentang cara hard reset Advan S4M, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.


Catatan: Cara diatas juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah lupa pola (kata sandi) atau eror system yang bersifat ringan.

Comments on this entry are closed.