Cara Hard Reset Advan T1Q

by aries on November 25, 2015

Jika kita melakukan hard reset pasti ada tujuan tertentu, seperti untuk mengatasi masalah lupa pola atau kata sandi, error unfortunately, bootloop dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara hard reset Advan T1Q yang mengalami banyak sekali masalah atau eror pada tab tersebut.

Saya sendiri tidak tahu persis awalnya, namun melihat gejala yang ada Tab Advan T1Q telah disusupi virus adware dan malware. Yang jelas dengan adanya virus tersebut Tab Advan T1Q menjadi sangat lambat, apalagi jika terkoneksi internet.

Saat Tab Advan T1Q terkenoksi ke jaringan internet, tiba-tiba download game, atau aplikasi yang nggak jelas. Bahkan, muncul shortcut gambar p*rno. Tentunya hal ini sangat mengganggu, apalagi jika dilihat oleh mereka yang masih anak-anak. Selain itu, jika tetap dibiarkan terkoneksi dengan internet, Tab Advan T1Q akan semakin melambat, ujung-ujungnya keluar eror unfortunately atau eror sayangnya aplikasi telah berhenti.

Nah untuk mengatasi masalah ini, saya akan mencoba melakukan hard reset. Kenapa tidak mencoba install aplikasi Antivirus Android saja? Mungkin Anda bertanya demikian. Hal ini tidak saya lakukan karena kondisi Advan T1Q sudah sangat parah, buat buka saja sudah sangat lambat, apalagi mau install aplikasi. Untuk itu saya langsung hard reset. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan baterai tab dalam keadaan full atau minimal 50% untuk mengantisipasi kegagalan saat proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  2. Matikan dulu Tab Advan T1Q
  3. Tekan dan tahan tombol power + volume atas secara bersamaan.
  4. Jangan lepaskan kedua tombol tersebut sampai muncul mode recovery Android.
  5. Setelah muncul mode recovery Android, gunakan volume bawah untuk memilih wipe data/ factory reset, lalu tekan tombol power untuk konfirmasi
  6. Dengan menggunakan volume bawah, pilih Yes – delete all user data lalu tekan tombol power untuk konfirmasi.
  7. Setelah wipe data complete, langkah terkahir pilih reboot system now
  8. Dengan demikian, Advan T1Q akan restart. Untuk booting pertama kali setelah di hard reset cukup lama, sekitar 1-2 menit.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Advan T1Q, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;


Catatan: Dengan metode hard reset, biasanya masalah eror software seperti ini bisa teratasi. Namun, untuk Advan T1Q ini tetap saja eror. Bahkan seperti tidak ada bedanya setelah dihard reset gara-gara terkena virus tadi.

Meskipun virus tidak bisa hilang, paling tidak kita jadi tahu bagaimana cara hard reset Advan T1Q. Metode terakhir untuk mengatasi Advan T1Q ini saya akan melakukan flashing. Mengenai hal ini, akan saya bahas pada episode berikutnya.

Comments on this entry are closed.