Cara Hard Reset Asus Zenfone Go X014D

by aries on May 26, 2017

Dengan adanya fitur pattern lock atau sejenisnya kita menjadi nyaman dalam menggunakan atau menyimpan file dokumen pribadi pada HP Android. Dengan begitu, tidak mudah bagi seseorang untuk menggunakan ponsel Android tanpa seizinmu. Karena harus memasukkan kode atau pola untuk bisa mengakses ponsel tersebut.

Dari firut ini ada yang lebih canggih lagi, yakni dilengkapi dengan fitur foto otomatis. Jadi ketika seseorang telah mencoba memasukkan pola dan salah lebih dari tiga kali, secara otomatis ponsel akan memfoto dengan kamera depan. Dengan demikian, kita akan tahu siap tadi yang mencoba utak-atik pola.

Namun fitur ini terkadang juga menjadi blunder jika kita lupa pola atau kata sandi sehingga kitapun tidak bisa membuka atau mengakses dokumen yang ada pada ponsel Android tersebut. Namun, sebelum kita melakukan hard reset, ada baiknya melakukan reset password dengan akun google atau gmail yang pernah dimasukkan atau disingkronkan ke perangkat tersebut. Tapi jika lupa akun atau passwordnya jalan satu-satunya adalah dengan melakukan hard reset. Dengan hard reset, secara otomatis semua data yang ada pada memori internal akan terhapus. Ini sudah menjadi resiko jika ingin tetap menggunakan atau memanfaatkan ponsel Android anda.

Bicara tentang hard reset, saya jadi ingat kemarin ada servisan Asus Zenfone Go X014D yang mengalami lupa pola. Karena yang punya HP tersebut juga lupa kata sandi dari email Google secara otomatis kita harus menerapkan metode hard reset dengan resiko data di internal akan terhapus. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan baterai Asus Zenfone Go X014D tersisi minimal 50 persen untuk menantisipasi proses hard reset gagal gara-gara kehabisan daya.
  2. Asus Zenfone Go X014D dalam keadaan mati tekan kedua tombol (power dan volume bawah) secara bersamaan.
  3. Setelah muncul logo Asus, lepaskan hanya tombol power saja.
  4. Baru setelah berhasil masuk system Android recovery, lepaskan tombol volume bawah.
  5. Setelah itu, pilih Wipe data/ factory reset dengan mengunakan tombol volume bawah. Untuk konfirmasi gunakan tombol power.
  6. Dengan volume bawah, pilih Yes – delete all user data. Untuk konfirmasi tekan tombol power.
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses wiping data selesai. Setelah itu tekan tombol power untuk reboot system
  8. Proses masuk ke menu selamat datang cukup lama, jadi tetap tenang dan tunggu saja. Setelah itu baru setting sesuai kebutuhan kalau sudah berhasil masuk ke setup awal.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Asus Zenfone Go X014D, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya

Catatan:

Jika setelah berhasil melakukan hard reset, Asus Zenfone Go X014D mengharuskan untuk melakukan login dengan akun google, berarti Asus Zenfone Go X014D tersebut terkunci dengan FRP. Untuk mengatasinya, bisa baca tutorialnya disini

Comments on this entry are closed.