Cara Hard Reset dan Factory Reset Samsung Galaxy J1

by aries on September 23, 2015

Salah satu fitur keamanan dari smartphone adalah adanya lock screen. Dengan mengaktifkan fitur ini, baik memilih pattern atau pola, PIN, dan password tidak lain bertujuan agar privasi kita bisa terjaga. Seseorang tidak akan mudah membuka galeri foto atau data penting karena posisi layar terkunci dan harus memasukkan pola atau PIN untuk membukanya. Sedangkan PIN atau pola tersebut hanya kita saja yang mengetahui.

Cara Hard Reset dan Factory Reset Samsung Galaxy J1

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manusia, siapapun itu tidak lepas dari yang namanya ‘LUPA’. Lupa PIN, pola, password pada smartphone adalah hal yang sering terjadi. Untuk itu, jika kamu mempunyai HP Samsung Galaxy J1 alangkah baiknya mengetahui cara mengembalikan posisi ponsel ke setingan pabrik. Dengan menerapkan metode ini, bisa mengatasi masalah lupa pola, kerusakan software, unfortunately dan lain-lain yang bersifat ringan (tanpa harus diflash). Berikut langkah-langkahnya;

Hard Reset Samsung Galaxy J1

Metode ini diterapkan jika kita tidak bisa mengoperasikan Samsung Galaxy J1 disebabkan lupa pola, atau eror unfortunately yang selalu muncul dalam hitungan detik, seperti yang terjadi pada Oppo Neo 3 R831K milik saya.

  1. Pastikan Samsung Galaxy J1 dalam keadaan mati, usahakan baterai terisi paling tidak 30 persen.
  2. Tekan dan tahan tombol home, volume up, dan tombol power secara bersamaan. Lepas ketiga tombol tersebut saat Samsung Galaxy J1 sudah mulai menyala. [Lihat gambar di atas]
  3. Setelah berhasil masuk ke mode recovery, gunakan tombol volume bawah untuk memilih wipe/ data factory reset. Setelah itu, tekan tombol power untuk konfirmasi
  4. Masih dengan tombol volume bawah untuk memilih Yes- delete all user data, kemudian pilih tombol power untuk konfirmasi.
  5. Dengan melakukan langkah nomor 4 tersebut, secara otomatis data-data yang ada di ponsel Samsung Galaxy J1 akan terhapus, termasuk aplikasi-aplikasi tambahan yang diinstall via play store atau melalui file APK-nya.
  6. Setelah proses hard reset selesai, pilih System reboot now.
  7. Dengan demikian, Samsung Galaxy J1 akan kembali ke setingan pabrik sama seperti kondisi saat pertama kamu membelinya.
  8. Namun, pada kasus-kasus tertentu terkadang setelah dilakukan hard reset tetap saja tidak ngefek (masih dalam kondisi seperti sebelumnya, yakni terkunci dengan pola). Untuk itu, diperlukan install ulang atau flashing Samsung Galaxy J1. Jika ternyata setelah di flash tetap saja tidak berhasil, bisa jadi yang rusak adalah EMMC. Selengkapnya baca; ciri-ciri EMMC Android rusak.

Factory Reset Samsung Galaxy J1

Metode ini diterapkan jika kita masih bisa mengoperasikan Samsung Galaxy J1 tersebut. Biasanya untuk mengatasi kerusakan software ringan seperti smartphone terasa berat saat dioperasikan dan lain sebagainya.

  1. Nyalakan Samsung Galaxy J1, kemudian pilih menu setting
  2. Setelah itu, pilih Backup & resetFactory data resetReset phoneErase everyting
  3. Setelah selesai, Samsung Galaxy J1 akan restart dan secara otomatis akan kembali ke setingan pabrik.

Comments on this entry are closed.