Cara Hard Reset Evercoss A7T

by aries on December 27, 2015

System operasi Android pasti sudah menyertakan fitur keamanan bawaan berupa lock atau password sebagaimana system operasi lain seperti halnya Windows Phone. Dengan adanya fitur lock, baik berupa pattern atau kata sandi pengguna Android jadi lebih mudah menjaga data privasi yang ada didalamnya.

Data penting baik berupa dokumen, foto atapun video tidak akan bisa diakses oleh mereka yang tidak tahu pola atau password. Karena saat akan mengoperasikan Android harus memasukan kata sandi ataupun pola yang sudah disetting sebelumnya. Jadi, secara otomatis hanya kita yang tahu password ataupun bentuk polanya.

Namun terkadang hal ini akan menjadi blunder bagi pengguna Android. Karena tidak sedikit dari mereka yang lupa pola atau kata sandi yang sudah diset sebelumnya. Secara otomatis Android akan terkunci apabila terlalu banyak memasukkan kata sandi atau percobaan pola yang salah. Nah, untuk membuka kata sandi harus menggunakan akun email yang terdaftar di Android tersebut. Hal ini dengan catatan Android bisa terkoneksi ke internet. Jika Androd tidak terkoneksi ke internet ataupun tidak tahu email yang terdaftar, satu-satunya cara adalah dengan hard reset.

Bicara soal hard reset, kebetulan hari ini ada yang datang ke meja servis berupa Evercoss A7T yang lupa pola atau kata sandi. Karena pengguna tidak tahu emailnya, jadi saya langsung menerapkan metode hard reset, berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan bateria Evercoss A7T terisi minimal 50 persen untuk mengantisipasi kegagalan saat proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  2. Evercoss A7T Dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power serta volume atas.
  3. Jangan lepaskan tombol tersebut sampai berhasil masuk ke System Android Recovery.
  4. Dengan volume bawah, pilih Wipe data/ factory reset, untuk konfirmasi ketuk pada bagian bawah kiri.
  5. Setelah itu, masih dengan volume bawah pilih Yes – delete all user data. Untuk konfirmasi ketuk tombol seperti langkah di atas.
  6. Dengan melakukan langkah No. 6 di atas, secara otomatis data yang tersimpan di memori phone akan terhapus.
  7. Setelah wipe data complete, pilih reboot system now dengan mengetuk pada bagian bawah kiri.
  8. Evercoss A7T akan restart. Untuk boot pertama kali sampai muncul menu membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 menit.
  9. Jika dengan metode hard reset tidak mempan, tidak ada salahnya mencoba flash Evercoss A7T tersebut.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Evercoss A7T, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan:

Tombol hard reset untuk setiap ponsel berbeda-beda. Yang jelas tidak lepas dari tombol power dengan volume down atau volume up, atau tombol home. Bahkan ada yang ketiga tombol sekaligus. Pada ponsel tertentu, untuk masuk ke mode recovery dengan menekan tombol power, baru setelah ponsel nyala diikuti dengan menekan tombol volume up atau volume down.

Comments on this entry are closed.