Cara Hard Reset Lenovo A319

by aries on October 14, 2015

Lenovo A319 merupakan smartphone kelas menengah ber-OS Kitkat yang dibanderol cukup murah meriah. Pantas jika smartphone tipe ini lumayan laris dipasaran, khususnya di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk membeli smartphone Lenovo A319 ini, kamu harus tahu bagaimana atau tombol apa untuk melakukan hard reset. Pasalnya, setiap smartphone Android suatu saat pasti akan mengalami masalah, entah itu error unfortunately, lupa pola atau kata sandi dan lain sebagainya.

Cara Hard Reset Lenovo A319

Jauh sebelum masalah itu muncul, ada baiknya melakukan backup data secara berkala untuk disimpan di SDCard. Jadi jika suatu saat masalah itu muncul, kita tinggal melakukan hard reset dan melakukan restore data from sdcard setelah selesai hard reset.

Lalu bagaimana cara hard reset Lenovo A319? Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan bateria Lenovo A319 terisi minimal 30%. Lebih dari itu, tentunya akan lebih baik. Hal ini diperlukan tidak lain untuk mengantisipasi kegagalan ditengah proses hard reset gara-gara Lenovo A319 kehabisan daya atau baterai. Kalau hal ini terjadi, kadang justru akan membuat smartphone menjadi bootloop.
  2. Lenovo A319 dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power serta volume up secara bersamaan. [Lihat gambar di atas!]
  3. Pilih mode recovery dengan menekan tombol volume down.
  4. Setelah berhasil masuk ke mode recovery, pilih wipe data/ factory reset dengan menggunakan volume down. Setelah itu, gunakan tombol power untuk konfirmasi.
  5. Dengan menggunakan tombol volume down, pilih Yes – delete all user data. Lalu gunakan tombol power untuk konfirmasi.
  6. Dengan melakukan langkah nomor 4 ini, secara otomatis data yang ada di memori telp, seperti SMS, kontak, akan terhapus. Begitu juga dengan aplikasi pihak ketiga yang di install via play store atau via file APK-nya. Tidak demikian dengan aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan system.
  7. Setelah proses penghapusan data atau wipe data selesai, pilih reboot system now.
  8. Secara otomatis, Lenovo A319 akan melakukan restart.
  9. Tunggu beberapa saat, untuk boot pertama kali setelah hard reset cukup lama, sekitar 1 sampai 2 menit.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Lenovo A319, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;


Dengan melakukan hard reset seperti cara di atas, Lenovo A319 akan kembali ke setingan pabrik. Artinya sama seperti saat kamu beli Lenovo A319 pertama kali (belum ada aplikasi tambahan, kontak telp, dan lainnya). Jika dengan hard reset masih saja error, silahkan lakukan flash Lenovo A319 tersebut.

Puguh January 3, 2016 at 11:09 pm

Setelah saya hard reset kemudian saya pilih reboot system now, tetap nggak muncul tampilan apa-apa selain logo lenovo, saya tunggu lebih dari 5 menit, 10 menit, tetap seperti itu, ada saran atau tambahan info ? Saya awam soal ini

Aris Ahmad January 4, 2016 at 8:57 am

Coba sekali lagi dihard reset, kalau masih sama berarti itu bootloop. Jadi harus diflash

Comments on this entry are closed.