Cara Hard Reset Lenovo A328

by aries on May 15, 2016

Tidak bisa dipungkiri, smartphone Android seiring berjalan waktu akan mengalami lola alias loading lambat. Hal ini dikarena adanya penambahan data baik di system, aplikasi ataupun data user. Apalagi jika smartphone tersebut terus dijejali beberapa aplikasi.

Langkah pertama Cara Hard Reset Lenovo A328

Kalau sudah demikian, yang terjadi adalah smartphone Android akan mengalami hang, lag bahkan bisa bootloop. Tentu semua ini tergantung dengan tingkat keparahan rusaknya pada smartphone tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita tidak perlu melakukan flashing, namun cukup dengan melakukan hard reset. Nah, bicara soal hard reset pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara hard reset Lenovo A328 yang mengalami lola karena kebanyakan aplikasi yang terinstall. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Kalau maish memungkinkan, silahkan backup dulu data penting pada smartphone tersebut seperti kontak, foto dan lain-lain.
  2. Pastikan baterai terisi minimal 50 persen untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  3. Lenovo A328 dalam keadaan off tekan tombol power, setelah muncul logo Lenovo segera lepas tombol power lalu langsung disusul dengan menekan kedua tombol volume. Ingat jangan ada jeda antara penekakan tombol power dan kedua volume tersebut. [Lihat keterangan gambar di atas!]
  4. Ketika muncul notifikasi “Tidak ada perintah” lepaskan kedua tombol volume tersebut. Kemudian tekan tombol volume bawah.
  5. Dengan volume bawah, pilih “wipe data/ factory reset”. Untuk konfirmasi tekan volume atas.
  6. Dengan volume bawah, pilih “Yes – delete all user data”. Untuk konfirmasi tekan volume atas.
  7. Tunggu ptoses penghapusan data selesai sampai ada konfirmasi wipe data complete.
  8. Pilih reboot system now dengan menekan tombol volume atas, saat muncul Tidak ada perintah, tekan sekali lagi tombol volume atas. Secara otomatis, Lenovo A328 akan restart.
  9. Setelah di hard reset, proses sampai muncul menu lumayan lama, kurang lebih 10 sampai 15 menit. Jadi tetap tenang dan jangan panik 🙂

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Lenovo A328, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Proses hard reset semacam ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah lupa pola atau kata sandi, bootloop dan lain sebagianya seperti eror system yang bersifat ringan.

untal August 18, 2016 at 8:12 pm

gan yang saya sukses untuk wipe data dan partition nya, tapi masih muncul UIDS bla bla bla trus HP masih lola >
knp ya gan, mohon pencerahan nya

aries August 22, 2016 at 3:23 am

Coba diflash aja, tapi hrs berani ambil resiko. Artinya kalu dia mati habis diflash (asal jangan centang preloader) kemungkinan besar kerusakan emmc

Comments on this entry are closed.