Cara Hard Reset Motorola MOTO E XT1021

by aries on October 7, 2016

Hard reset atau mengatur ulang ke setingan pabrik merupakan salah satu solusi untuk mengatasi bootloop, lupa pola,  kata sandi ataupun kerusakan dari sisi software yang bersifat ringan.

Dengan melakukan hard reset, secara otomatis semua data yang ada di memori internal telp akan hilang. Jadi backup dulu data-data penting jika memang memungkinkan.

Smartphone memiliki tombol kombinasi khusus untuk melakukan hard reset. Tombol kombinasi ini berbeda-beda tergantung merek dan jenis smartphone tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara hard reset Motorola Moto E XT1021 untuk mengatasi lupa pola yang kombinasi tombol hard resetnya agak berbeda dengan kebanyak smartphone lainnya. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan baterai Motorola MOTO E sudah terisi minimal 80 persen untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  2. Motorola MOTO E dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power serta volume bawah selama 5 detik.
  3. Setelah 5 detik, lepaskan kedua tombol tersebut. Secara otomatis akan masuk ke Fastboot mode.
  4. Tekan tombol volume bawah untuk memilih Recovery. Untuk konfirmasi, tekan tombol volume atas.
  5. Dengan demikian, akan muncul logo Motorola lalu restat secara otomatis, kita biarkan sampai muncul robot hijau yang terbuka mesinnya lengkap dengan notifikasi Tidak ada perintah
  6. Dalam keadaan seperti itu, kita tekan tombol volume atas dan power secara bersamaan (tanpa ditahan ya kedua tombol tersebut)
  7. Setelah berhasil masuk ke Android system recovery, kita pilih wipe data factory reset dengan menggunakan tombol volume bawah. Untuk konfirmasi, tekan tombol power.
  8. Setelah itu, pilih Yes – delete all user data dengan menggunakan volume bawah. Untuk konfirmasi, gunakan tombol power.
  9. Tunggu proses wipe data selesai dengan ditandai notifikasi Data wipe complete. Setelah itu, baru tekan tombol power
  10. Tunggu proses Motorola Moto E nyala sampai menampilkan home screen. Biasanya membutuhkan waktu 3-5 menit.

Untuk mempermudah tentang cara cara hard reset Motorola Moto E XT1021, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Jika smartphone setelah dilakukan hard reset masih saja terkunci dengan pola (tidak ngefek dihard reset) ada indikasi telah terjadi kerusakan emmc. Biasanya, kalau diflash HP akan bootloop bahkan malah matot.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment