Cara Hard Reset Samsung Galaxy J3

by aries on September 22, 2015

Meskipun Samsung Galaxy J3 belum dirilis di Indonesia, namun pangsa pasar global akan penerus dari  Samsung Galaxy J1 ini begitu menggeliat. Dengan kualitas kamera yang bagus serta RAM dan prosesor yang cukup ciamik membuat smartphone sangat nyaman saat dioperasikan.

Cara Hard Reset & Factory Reset Samsung Galaxy J3

Sudah menjadi rahasia umum jika masalah lupa pola atau lupa kode kunci sering dialami oleh pengguna smartphone. Untuk itu, setelah kamu membeli smartphone ini alangkah baiknya mengetahui cara hard reset-nya. Artinya mengembalikan Samsung Galaxy J3 ke setingan pabrik atau biasa disebut dengan istilah factory reset.

Hard reset beresiko data-data yang ada di ponsel akan hilang. Namun, hal ini tidak bisa dihindari ketika kita sudah lupa pola atau lupa kode kuncinya. Karena satu-satunya cara untuk membuka kunci adalah dengan hard reset. Lalu bagaimana cara hard reset untuk Samsung Galaxy J3?

Hard Reset Samsung Galaxy J3

  1. Pastikan posisi Samsung Galaxy J3 dalam keadaan off
  2. Masukkan kartu SIM dan SDCard ke slotnya masing-masing
  3. Tekan dan tahan tombol volume atas, tombol home dan tombol power secara bersamaan.
  4. Setelah HH nyala lepaskan ketiga tombol tersebut. Maka secara otomatis Samsung Galaxy J3 akan masuk ke mode recovery.
  5. Gunakan volume bawah untuk memilih Wipe/ data factory reset. Lalu tekan tombol power untuk OK-nya.
  6. Gunakan tombol volume bawah untuk memilih Yes – delete all user data, lalu pilih tombol power untuk konfirmasi.
  7. Dengan melakukan langkah nomor 6 tersebut, secara otomatis data di ponsel Samsung Galaxy J3 akan hilang, termasuk aplikasi pihak ketiga (bukan aplikasi bloat ware). Jadi kamu harus install satu persatu lagi aplikasi yang kamu butuhkan.
  8. Tunggu proses factory reset selesai, lalu pilih System reboot now dan tekan tombol power untuk konfirmasi.
  9. Setelah itu, Samsung Galaxy J3 akan kembali normal seperti saat pertama kali kamu membelinya.
  10. Jika Samsung Galaxy J3 tetap dalam keadaan seperti sebelumnya (tetap terkunci dengan pola), bisa jadi yang rusak adalah EMMC-nya. Untuk itu, coba baca ciri-ciri EMMC Android rusak.

Factory Reset Samsung Galaxy J3

Metode ini sebenarnya sama tujuannya dengan apa yang saya jelaskan di atas (sama-sama mengembalikan smartphone ke setingan pabrik), namun untuk yang kedua ini jika memang kita masih bisa mengakses Samsung Galaxy J3 (tidak terkunci dengan pola). Berikut langkah-langkhnya;

  1. Nyalakan HH-nya lalu pilih Setting
  2. Setelah itu pilih Backup & resetFactory data resetReset phoneErase all

Untuk metode yang kedua ini, sebaiknya backup dulu data penting yang ada di ponsel tersebut mengingat kita masih bisa mengaksesnya.

Comments on this entry are closed.