Cara Hard Reset Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F

by Yaniar Asmara on November 16, 2016

Ketika system operasi Android tidak bekerja maksimal, entah lemot atau ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diakses atau bahkan tidak bisa masuk ke menu home screen alias bootloop (stuck di logo) maka solusi pertama yang harus kita tempuh adalah dengan melakukan hard reset.

Dengan hard reset secara otomatis Android akan kembali ke setelan pabrik, artinya HP Android seperti baru lagi sama ketika membeli dari toko. Jadi aplikasi-aplikasi ataupun data yang tersimpan di memori internal akan terhapus. Karena demikian, sebaiknya backup dulu data penting jika masih memungkinkan.

Selain untuk mengatasi masalah yang sudah saya jelaskan, hard reset juga bisa diterapkan untuk mengatasi lopa pola atau kata sandi. Sebagai contoh, di sini saya akan menjelaskan cara hard reset Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F yang mengalami lupa pola. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan baterai Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F terisi minimal 50 persen untuk mengantisipasi kegagalan saat proses hard reset gara-gara kehabisan daya.
  2. Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F dalam keadaan off, tekan dan tahan (power serta volume atas). Setelah muncul select boot mode, lepaskan kedua tombol tersebut.
  3. Pilih Recovery, untuk konfirmasi tekan volume bawah. Secara otomatis Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F akan restart.
  4. Setelah muncul robot hijau tertidur dengan tulisan No command, tekan dan tahan tombol Home.
  5. Setelah berhasil masuk ke Android system recovery, pilih wipe data / facory reset dengan menggunakan volume bawah. Untuk konfirmasi, tekan tombol power.
  6. Dengan tombol volume bawah lagi, pilih Yes – – delete all user data. Untuk konfirmasi tekan tombol power.
  7. Setelah Data wipe completed, tekan tombol power.
  8. Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F akan restart dan tunggu prosesnya sampai menampilkan Welcome!

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya;

Catatan: Jika setelah hard reset,  masih tetap saja bootloop, maka cara mengatasinya adalah dengan flash Samsung Galaxy S7 Clone SM-G930F.

Namun jika tetap terkunci dengan pola, ada kemungkinan telah terjadi kerusakan EMMC. Jadi jangan lakukan flash kecuali siap dengan akibatnya (HP bisa jadi matot)

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment