Cara Hard Reset Samsung Galaxy Tab 3 V

by aries on September 5, 2015

Kalau biasanya hard reset dilakukan ketika sebuah smartphone mengalami kerusakan software ringan yang masih bisa masuk mode recovery, lupa pola atau password. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas cara hard reset Samsung Galaxy Tab 3 V yang sebagian aplikasinya terkunci dan ada peringatan “PERHATIAN, kamu tidak diperbolehkan untuk membuka aplikasi BBM“.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy Tab 3 V SM-T116NU

Pemiliki Galaxy Tab tersebut juga tidak tahu kenapa bisa terkunci. Hal itu terjadi setelah Galaxy Tab dipakai sama anaknya, gitu katanya.

Selain kedua aplikasi tersebut, ada aplikasi lain, yakni LINE yang terkunci dengan pola. Namun, untuk LINE ini terkunci dengan aplikasi CM Applock. Dan ini bisa diatasi dengan cara uninstall aplikasi clean master. Lho kok bisa? Karena CM Applock included di dalam aplikasi clean master tadi.

Sedangkan dua aplikasi di atas, untuk mengatasinya saya langsung menerapkan hard reset. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pertama backup dulu data penting seperti foto yang ada di Galaxy Tab. Caranya; cukup koneksikan ke PC, lalu copy semua file dan folder yang ada di internal Galaxy Tab.
  2. Karena, Samsung Galaxy Tab 3 V ini tidak lupa pola seperti saya sebutkan diatas, untuk itu saya melakukan factory reset. Caranya; buka Setting – Cadangkan dan reset – Reset data pabrik
  3. Saya sendiri juga tidak tahu kode kunci telpnya. Untuk itu saya menerapkan metode hard reset pada Samsung Galaxy Tab 3 V.
  4. Caranya; Pastikan Samsung Galaxy Tab 3 V dalam keadaan off. Tekan tombol Home, Volume up, dan tombol Power secara bersamaan. Setelah muncul logo Samsung lepaskan tombol power dulu, tunggu beberapa detik baru lepaskan kedua tombol yang lain.
  5. Setelah muncul robot ijo lengkap dengan tulisan “tidak ada perintah” tekan tombol Home
  6. Pilih Wipe data factory reset dengan menggunakan tombol volume. Sedangkan tombol power difungsikan sebagi OK atay Yes.
  7. Lalu pilih, Yes – delete all user data
  8. Setelah selesai, pilih reboot system now.
  9. Tunggu proses booting, biasanya agak lama setelah di hard reset. 2-3 menit, jadi bersabarlah.
  10. Setelah kembali normal, kita tinggal install beberapa aplikasi yang sebelumnya terkunci. Seperti BBM, UC Browser dan lainnya.

Sebagai bukti, sekaligus untuk mempermudah tentang cara hard reset Samsung Galaxy Tab 3 V, berikut ini kami sertakan panduan tutorial videonya;

Comments on this entry are closed.