Cara Hard Reset Samsung Galaxy Tab P1000

by aries on October 20, 2016

Hard reset atau factory reset merupakan salah satau cara untuk membuat system operasi Android kembali fresh lagi. Dengan melakukan hard reset, secara otomatis semua data dan aplikasi non bloatware akan hilang. Oleh karena itu, pastikan melakukan backup data penting sebelum melakukan hard reset.

Selain bisa membuat system android jadi fresh, hard reset juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kerusakan software yang bersifat ringan, seperti Android yang selalu restart, bootloop, lupa pola atau kata sandi dan lain sebagianya yang bisa diatasi tanpa harus melakukan flashing.

Seperti kita ketahui, metode hard reset pada smartphone itu berbeda-beda, untuk itu akan saya ulas mengenai cara hard reset Samsung Galaxy Tab P1000. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Sebelum melakukan hard reset, pastikan baterai Galaxy Tab P1000 terisi minimal 50 persen untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingin saat proses hard reset gara-gara kehabisan daya. Misalnya softbricked, matot, dan lain-lain.
  2. Samsung Galaxy Tab P1000 dalam keadaan off, tekan dan tahan tombol power dan volume atas secara bersamaan.
  3. Setelah muncul notifikasi verfing internal MMC block, lepaskan kedua tombol tersebut. Biarkan proses berlangsung sampai berhasil masuk ke Android system recovery.
  4. Gunakan tombol volume bawah untuk memilih wipe data factory reset, sedangkan untuk konfirmasi (untuk OK-nya) ketuk tombol home.
  5. Dengan tombol volume bawah, pilih Yes delete all user data. Lalu ketuk tombol home untuk konfirmasi.
  6. Setelah ada notifikasi wipe data completed, ketuk tombol home. Secara otomasis, Samsung Galaxy Tab P1000 akan restart.
  7. Tunggu sampai Samsung Galaxy Tab P1000 berhasil menampilkan home screen atau layar utama. Biasanya ini memakan waktu 3-5 menit.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Samsung Galaxy Tab P1000, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: Jika dengan metode hard reset seperti ini keruskan software yang telah saya sebutkan diatas tidak bisa diatasi, maka Anda harus melakukan flash Samsung Galaxy Tab P1000.

Comments on this entry are closed.