Cara Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S6310

by aries on October 26, 2015

Android merupakan OS yang benar-benar smart, apapun kebutuhan kita seperti kirim foto, chat, edit foto, maen game, bahkan untuk mendukung bisnis bisa diselesaikan dengan smartphone berbasis Android. Namun terkadang, seseorang lupa mempertimbangkan kemampuan smartphone Android yang mereka miliki. Karena demikian, mereka menjejali beberapa aplikasi, bahkan aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Kalau sudah demikian, kinerja smartphone Android menjadi lambat bahkan bisa hang saat sedang dioperasikan seperti yang terjadi pada Samsung Galaxy Young GT-S6310 milik tetangga saya. Menurutnya, Samsung Galaxy Young tersebut sangat lambat dioperasikan. Selain itu, juga tidak bisa menerima sms, tidak bisa buat browsing padalah data dan setingan internet sudah benar.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy Young GT-S6310

Setelah saya cek, ternyata benar. Di sana banyak sekali aplikasi-aplikasi sehingga ruang internal dari samsung tersebut menjadi sangat terbatas. Sebenarnya, untuk mengatasi kinerja lambat pada Android tidak harus di hard reset. Namun, karena user sendiri yang meminta saya untuk mem-format, jadi ya saya langsung menerapkan metode hard reset Samsung Galaxy Young GT-S6310, berikut langkah-langkahnya;

  1. Matikan dulu Samsung Galaxy Young
  2. Pastikan baterai terisi minimal 25%. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kegagalan ditengah proses hard reset gara-gara kehabisan baterai atau daya.
  3. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol power, volume up, dan tombol home. Setelah muncul logo Samsung, lepaskan ketiga tombol tersebut.
  4. Setelah itu, akan muncul robot hijau. Kita biarkan saja sehingga masuk ke mode recovery.
  5. Setelah masuk ke mode recovery, gunakan tombol volume down untuk memilih wipe data / factory reset. Lalu gunakan tombol power untuk konfirmasi.
  6. Dengan tombol volume down, pilih Yes – delete all user data, dan pilih tombol power untuk konfirmasi.
  7. Dengan melakukan langkah No. 6 seperti disebutkan di atas, secara otomatis data yang ada di Samsung Galaxy Young akan terhapus. Termasuk aplikasi pihak ketiga yang diinstal via playstore atau file APK-nya. Tidak termasuk aplikasi bloatware (aplikasi bawaan system).
  8. Setelah wipe data selesai, pilih Reboot system now dengan menggunakan tombol power.
  9. Samsung Galaxy Young akan melakukan restart. Untuk booting awal setelah di hard reset, cukup lama, kurang lebih 1 – 2 menit.
  10. Dengan demikian, Samsung Galaxy Young akan kembali ke setingan pabrik (sama seperti saat kamu membeli pertama kali smartphone tersebut)

Untuk mempermudah tentang cara hard reset Samsung Galaxy Young GT-S6310, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Dengan melakukan hard reset seperti di atas, Samsung Galaxy Young kembali normal dan tidak lagi seperti sebelumnya. Jadi, kita tidak perlu menerapkan metode flash Samsung Galaxy Young tersebut.

lulu urohmah February 12, 2016 at 8:48 pm

saya ko gambar robot android nya ada tanda pentung nya si om… ini gmana caranya ?

Aris Ahmad February 15, 2016 at 3:46 pm

saat seperti itu, tekan tombol power

nabila putri nurkhoirina February 18, 2016 at 8:15 am

Om,kok saya pencet ketiga nya tapi kok ga muncul muncul ya?

Aris Ahmad February 21, 2016 at 11:12 pm

masak sih, coba ulangi sekali lagi, Kalau perlu tonton vodeo tutorialnya

Comments on this entry are closed.