Cara Hard Reset StrawBerry ST238

by aries on April 19, 2017

Lupa pola atau kata sandi merupakakan suatu hal yang sering terjadi pada smartphone Android. Biasanya mereka dengan asal membuat pola atau tidak mecatatnya di selembar kertas sehingga merekapun lupa. Kalau sudah begini, solusinya adalah dengan melakukan hard reset. Hard reset itu sendiri adalah menekan tombol kombinasi tertentu agar bisa masuk ke system recovery Android.

Kombinasi tombol hard reset itu berbeda-beda tergantung dari merek HP, adakalanya power dan volume atas, power dan volume bawah, power dan kedua volume dan masih banyak lagi metode kombinasinya.

Jika dengan menekan tombol kombinasi yang sudah saya jelaskan diatas, namun masih saja tidak bisa masuk recovery maka yang perlu diperhatikan adalah tombol volume tersebut. Apakah normal (berfungsi). Jika tidak berfungsi, maka solusinya coba ganti tombol tersebut. Jika masih sama maka satu-satunya cara untuk mengatasi lupa pola adalah dengan melakukan flashing.

Tau nggak sih, Strawberry ST238 merupakan salah satu smartphone yang menggunakan system operasi Android. Jadi ketika lupa pola pada HP tersebut cara mengatasinya adalah hard reset dengan menekan kombinasi tombol. Lebih jelasnya, simak tutorialnya berikut ini;

  1. Pastikan baterai StrawBerry ST238 tersisi minimal 30 persen untuk mengantisipasi kegagalan proses hard reset gara-gara kehabisan daya
  2. Strawberry ST238 dalam keadaan mati, tekan dan tahan kedua tombol (power dan volume bawah.
  3. Setelah muncul select boot mode, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Pilih enter recovery dengan menggunakan tombol volume yang berfungsi sebagai navigasi. Untuk konfirmasi (difungsikan sebagi OK-nya) tekan tombol power.
  5. Secara otomatis, StrawBerry ST238 akan restart dan beberapa saat kemudian akan masuk ke Android system recovery
  6. Dengan menggunakan tombol volume bawah, pilih wipe data/ factory reset. Untuk konfirmasi tekan tombol power.
  7. Masih dengan tombol volume bawa, pilih Yes – delete all user data. Untuk konfirmasi tekan tombol power.
  8. Setelah selesai, tekan tombol power untuk konfirmasi reboot system now.

Untuk mempermudah tentang cara hard reset StrawBerry ST238, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan:

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi StrawBerry ST238 yang bootloop atau loading lambat gara-gara kebanyakan aplikasi yang terinstall pada HP tersebut.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment