Cara Instal Ulang Aplikasi Di Play Store

by Ummy Tsabit on June 20, 2016

Dengan adanya ribuan, bahkan jutaan aplikasi dan game yang tersedia di Play Store saat ini, tentu kita sering tergoda untuk menginstal banyak aplikasi atau games untuk hanya sekedar coba-coba, dan kemudian meng-uninstal (mencopot pemasangannya) jika ternyata kita tidak suka atau sudah tidak membutuhkannya lagi.

Namun, apa yang terjadi jika suatu saat nanti kamu ingin kembali menginstalnya, tapi kamu sudah lupa nama aplikasinya apa??? Mencari aplikasi atau game yang sudah terhapus dan tidak ingat lagi namanya di Play Store akan bagaikan seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Tentu kamu tidak ingin mencari satu per satu di halaman Play Store, karena akan menghabiskan banyak waktu dan merepotkan. Untungnya, Play Store memiliki opsi yang memungkinkanmu untuk melihat semua aplikasimu yang sudah di uninstall, begitu pula yang masih terinstal. Berikut adalah cara menginstal kembali aplikasi yang sudah di hapus di Play Store :

  • Untuk mengaksesnya, buka aplikasi Google Play Store dan tekan tombol ‘Menu’ (berupa tiga garis vertikal di pojok kiri atas).
  • Ketika menunya sudah muncul, tekan opsi “My Apps & Games” (Aplikasi dan Game Saya). Di halaman ini, kamu akan melihat dua seksi,  yakni ‘Installed’ (Diinstal) dan ‘All’ (Semua).
  • Pergi ke bagian ‘All’. Di sini kamu akan diperlihatkan semua aplikasi dan game, baik yang sudah pernah kamu instal, ataupun yang masih terpasang di ponselmu.
  • Aplikasi yang pernah di instal tapi sudah dihapus akan ditandai sebagai ‘Free’ (Bebas).
  • Jika kamu sudah menemukan aplikasi apa yang ingin kamu instal kembali, maka cukup dengan menekan aplikasinya, dan kamu akan dibawa ke halaman aplikasinya langsung sehingga kamu tinggal menginstalnya ulang.
  •  Jika kamu tidak ingin sebuah aplikasi yang ter-uninstal masih tetap berada di daftar tersebut, maka kamu bisa menghapusnya total dengan menekan pada tombol ‘X’.

Comments on this entry are closed.