Cara Install Bahasa Arab di Windows XP

by aries on April 19, 2014

Sebenarnya untuk menambahkan bahasa arab dalam Windows XP bisa dilakukan saat instalasi Windows XP itu sendiri. Tentunya dengan melakukan penambahan bahasa arab saat proses instalasi windows xp ini dapat menghemat waktu dan lebih praktis. Karena kita tidak kerja dua kali.

Cara install bahasa arab di windows XP

Namun jika hal ini terlanjur tidak dilakukan, mungkin karena lupa atau suatu hal, kamu bisa install bahasa arab setelahnya. Yang diperlukan adalah OS Windows itu sendiri, baik berupa CD ataupun bootable USB Windows. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini;

Install bahasa arab di Windows XP dengan OS

  1. Masukkan CD OS windows XP atau tancapkan bootable USB Windows XP
  2. klik Start, lalu pilih Control Panel sebagaimana terlihat pada gambar di atas.
  3. pilih Date, Time, Regional and Language Options
  4. kemudian klik Regional and Language Options
  5. pilih languages – checklist pada ‘install file for complex scrip and right-to-left language’ saat muncul kotak dialog ‘You chose to install the Arabic, Armenian, …..’ klik Ok, kemudian klik Ok lagi.
  6. dengan demikian akan ada proses copy file yang diambil dari OS Windows XP tadi untuk di letakkan pada folder WindowsFonts. Proses ini berjalan otomatis begitu kamu selesai melakukan cara No. 5.
  7. jika muncul kotak dialog yang menyatakan komputer perlu di restart, lakukan restart saja. Tapi ini tidak harus.
  8. setelah restart, masuk lagi ke languages – kemudian pilih Detail – klik Add – cari Arabic (Saudi Arabia) kemudian klik Ok
  9. proses ini akan sukses jika sudah muncul Language bar yang terletak di pojok bagian kanan.

Install bahasa arab di Windows XP tanpa OS

Jika ternyata kamu tidak punya OS windows XP, sebagai solusi untuk install bahasa arab di Windows XP tanpa OS juga bisa dilakukan dengan download dan install bahasa arab. Setelah selesai install, restart dulu computer baru kemudian lakukan cara No. 2 sampai selesai. Bahasa arab yang sudah kamu install tadi sebagai ganti jika kamu tidak punya OS Windowsnya.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara install bahasa arab di windows XP, sebaiknya lihat video tutorialnya di atas dengan seksama..

BelajarBahasaArab Yuk April 23, 2014 at 6:12 am

Sukron…
Alhamdulillah sudah mencoba cara yang kedua, yang tanpa cd instalasi dan berhasil. Tanpa harus repot memakai CD, bisa instalasi dengan mudah

Comments on this entry are closed.