Cara Install CWM Lenovo A859, Plus Video Tutorialnya

by aries on September 2, 2015

Salah satu keuntungan memiliki CWM pada system Android adalah bisa untuk membackup ROM dan juga bisa untuk install custom rom pada system Android tersebut. Jadi tak heran bagi mereka yang doyan nguprek Android mencoba untuk install CWM dengan tujuan ganti custom ROM yang lebih keren tampilannya atau bahkan lebih gesit kenirjanya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan share tentang cara install CWM Lenovo A859. Buat kamu yang kebetulan memiliki HP dengan tipe tersebut, bisa mempraktekkan tutorial install CWM yang akan saya kupas ini.

Sebenarnya banyak sekali cara untuk install CWM Lenovo A859, ada yang menggunakan Mobile Uncle, Flashify, Recovery Tool dan aplikasi lain sejenisnya. Namun, di sini saya akan mencarai cara install CWM Lenovo A859 yang paling mudah. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pastikan Lenovo A859 sudah di root, kalau belum bisa baca cara root Android dengan Kingoroot.
  2. Backup dulu Lenovo A859 dengan tujuan untuk mengambil file boot.img dari hasil backupan tersebut. Caranya bisa baca pada tutorial cara backup ROM dengan MTKDroidTool.
  3. Setelah itu, pilih tabulasi “root, backup, recovery” centang pada “To choose the boot.img file” kemudian klik “Recovery and Boot”.
  4. Pilih file boot.img yang berada di folder hasil backup-an tadi kemudian klik OK.
  5. Pada kotak dialog “To make CWM recovery automatically” klik Yes.
  6. Tunggu prosesnya, hingga muncul kotak dialog “If phone isn’t loaded, it is necessary to flash this file through Flash Tool! Install patched boot to phone?” lalu klik Yes.
  7. Pada kotak dialog “ Install created recovery to phone?”  Klik Yes
  8. Langkah selanjutnya ketika muncul jendela “To reload phone in recovery?” klik Yes, maka Lenovo A859 akan restart dan secara otomatis masuk mode CWM.
  9. Untuk masuk ke mode CWM secara manual pada Lenovo A859, cukup tekan dan tahan tombol volume up, volume down, dan tombol power secara bersamaan.

Untuk mempermudah tentang cara install CWM Lenovo A859, berikut ini saya sertakan panduan berupa tutorial videonya.

Catatan: tutorial ini bisa dipraktekkan untuk install CWM pada smartphone Android berchipset MTK. Sebelumnya, saya sendiri pernah mencoba install CWM pada Samsung S5 replika (supercopy) dan hasilnya sukses alias berhasil dengan menggunakan metode ini.

Comments on this entry are closed.