Cara install dan uninstall aplikasi pada Windows Phone

by aries on August 31, 2014

Dengan adanya versi Windows phone terbaru, 8.1 tentu semakin banyak pula perubahan yang semakin memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah masalah instalasi aplikasi. Berikut akan kami ulas beberapa tips simpel seputar masalah instalasi aplikasi di Windows Phone:

Cara mudah memasang & menghapus aplikasi pada Windows Phone

  1. Cara menghapus beberapa aplikasi sekaligus

Jika memori smartphone kamu sudah penuh dengan berbagai aplikasi, ada baiknya kamu menghapus atau uninstall beberapa aplikasi yang sudah membosankan dan kurang begitu digunakan agar memorinya sedikit lega. Dengan menghapus satu persatu aplikasi tadi, tentu akan sangat merepotkan. Dalam Windows Phone versi terbaru, terdapat fitur yang memungkinkan kamu untuk menghapus beberapa aplikasi sekaligus, yang mana hal tersebut tidak terdapat pada system Android.

Caranya, buka aplikasi Storage Sense. Lalu tekan indikator yang akan menunjukkan jumlah kapasitas memori smartphone. Kamu harus sabar, karena hal ini akan memakan waktu cukup lama dimana akan muncul proses update sedang berjalan. Setelah selesai, tekan pilihan Apps+Games, dan akan muncul daftar aplikasi yang bisa kamu hapus. Tekan tanda tiga titik, lalu pilih Select. Beri tanda centang pada aplikasi yang ingin dihapus, atau pilih Select All jika kamu ingin menghapus semuanya. Terakhir, pilih Uninstall untuk melanjutkan proses penghapusan. Jika kamu masih sayang untuk menghapusnya, tinggal tekan ‘Move’ untuk memindahkannya ke micro SD.

  1. Memasang kembali aplikasi yang pernah terpasang

Cara memasang lagi atau reinstall aplikasi pada windows phone

Jika kamu ingin memasang kembali aplikasi (re install) yang sudah terlanjur kamu hapus, ada dua cara yang bisa kamu lakukan di Windows Phone 8. Cara pertama, kamu bisa mencari secara manual aplikasi tadi pada Windows Phone Store dan memasangnya kembali. Namun, cara ini sedikit sulit dan ribet jika kamu sudah tidak ingat nama dan developer dari aplikasi tersebut. Cara yang kedua, kamu bisa membuka situs Windows Phone Store dan masuk ke akun yang kamu miliki untuk melihat riwayat (history) dari aplikasi-aplikasi yang pernah kamu beli untuk menemukan aplikasi yang dimaksud. Cara ini pun juga sulit karena kamu harus melakukannya melalui komputer atau peramban.

Kalau di Widows versi terbaru 8.1, ada satu cara terbaru yang lebih mudah dan praktis melalui fitur My Apps. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat kembali daftar aplikasi yang pernah dan sedang terpasang di smartphone-mu. Cara melihatnya, kau tinggal masuk ke Windows Phone Store. Cari menu berlambang tiga titik di bagian bawah kanan, lalu tekan hingga muncul beberapa pilihan menu. Pilih ‘My Apps’. Dari situ akan tampil daftar seluruh aplikasi yang pernah dan sedang terpasang dengan menggunakan akun yang sama. Pilih aplikasi mana yang akan kamu pasang kembali. Atau kamu bisa memasang kembali beberapa aplikasi sekaligus sehingga prosesnya lebih cepat dan praktis. Caranya, pada My Apps, pilih tanda tiga titik. Lalu, pilih menu ‘select’. Beri tanda centang pada aplikasi mana saja yang ingin kamu pasang sekaligus. Setelah selesai, tekan gambar ‘Download’ dan proses pengunduhan akan berlangsung.

  1. Cara menghapus aplikasi OEM bawaan

Pada setiap smartphone merek tertentu, pasti selalu menyertakan aplikasi bawaan OEM atau lebih dikenal dengan istilah ‘Bloatware’. Kamu tidak bisa menghapus aplikasi tadi secara default. Jika kamu kurang begitu suka dan ingin menghapus aplikasi tadi, kamu bisa menghapusnya dengan sedikit trik berikut ini:

Masuk ke menu ‘Setting’, dan pilih Date+Time. Atur Set Automatically menjadi Off. Ubah tahun menjadi 2016, 2017 atau tahun diatasnya. Lalu tekan ‘Done’ untuk menyimpannya. Untuk mengeceknya, tekan tombol ‘Back’ dan pilih salah satu aplikasi OEM yang ingin dihapus, seperti ‘Battery Saver’ misalnya. Akan tampil pesan error berupa ‘Problem with Apps’, dan kamu tinggal menghapusnya dengan menekan tombol ‘Uninstall’. Lakukan hal yang sama pada aplikasi lain yang ingin kamu hapus. Jangan lupa untuk menyetel waktu dan penanggalan ke kondisi semula jika semua proses sudah selesai, agar aplikasi yang tidak ingin kamu hapus tetap bisa digunakan.

Itulah beberapa tips seputar install dan install aplikasi di windows phone. Bagi kamu yang sudah familiar dengan sistem windows pada computer, seperti pernah install ulang windows 7 atau install beberapa aplikasi lain tentunya tips trik untuk windows phone ini akan sangat mudah kamu lakukan.

Comments on this entry are closed.