Cara Install Font di Windows

by aries on July 15, 2014

Setelah kita install Windows, baik install Windows XP ataupun install Windows 7 tentunya semua program ataupun file masih original bawaan dari Windows tersebut, salah satunya adalah file Font. Windows secara default sudah menyertakan font yang cukup banyak, namun terkadang masih ada font yang kita inginkan belum tersedia di sana. Solusinya adalah install font yang kamu butuhkan ke Windows tersebut.

Sekedar tambahan, jika kamu ingin mencari font, silahkan kunjungi website berikut ini selaku penyedia font gratis.

  1. www.fontspace.com
  2. www.fontsquirrel.com
  3. www.dafont.com
  4. www.1001freefonts.com
  5. www.fontfabric.com

Setelah kamu selesai download dan memilih font sesuai kebutuhan, extract font tersebut dan tempatkan di folder koleksi font kamu atau di new folder. Untuk extract file zip ataupun rar, kamu bisa gunakan software winrar yang bisa kamu download di www.rarlab.com. Setelah koleksi font sudah kamu punyai, saatnya install font tersebut di Window, caranya adalah sebagai berikut;

Install font dengan metode copy paste

  1. pilih font yang kamu inginkan (Ctrl + klik font dengan mouse), atau bisa tekan Ctrl + A jika semua font yang ada ingin kamu install.
  2. klik kanan lalu pilih copy.
  3. setelah itu menuju ke direktori: C:WindowsFonts dan paste di sana.

Install font dengan metode drag

Dengan cara seperti di atas, kita tidak tahu nama asli dari font tersebut. Untuk itu, ada cara lain yang lebih detail namun tetap praktis, bahkan bisa lihat preview dari font tersebut. Berikut langkah-langkahnya;

  1. pastikan kamu sudah install Bitstream Font Navigator. Program ini merupakan bawaan dari program grafis Coreldraw.
  2. buka program tersebut, pada kotak dialog Font Navigator Wizard, pilih Next kemudian tentukan folder tempat kamu naruh font yang sudah di download tadi.
  3. klik Next lagi lalu tunggu proses scan font selesai.
  4. Cara lain yang lebih cepat (tidak butuh proses scan font yang memakan waktu lumayan lama) adalah; saat muncul dialog font navigator wizard, tekan cancel. Lalu pilih folder tempat naruh font.
  5. setelah itu akan muncul satu kotak dialog yang dibagi menjadi empat bagian.
  6. untuk install font, cukup drag dari kotak sebelah kiri ke kanan.

Kedua cara ini bisa diterapkan untuk windows XP dan Windows 7. Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara install font di Windows, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.