Cara Install Playstore di Xiaomi ROM China

by aries on December 28, 2017

Semakin banyaknya product Xiaomi yang tidak mempunyai ROM Global membuat mereka mencari solusi dengan cara custom rom. Custom ROM itu sendiri bertujuan agar HP memilik bahasa Indonesia (ada bahasa Indonesianya) dan juga terdapat Playstore. Namun, namanya juga custom tentunya tidak sesempurna ROM asli.

Sebagai contoh disini adalah Xiaomi Redmi 4 Prada, product ini pada awalnya tidak mendukung Global ROM. Namun meski saat ini sudah ada Global ROM-nya, sebagian besar memilih tetap menggunakan ROM China Stabil. Karena Global ROM yang ada masih menyisakan bug.

Pertanyaannya, bagiamana cara Install Playstore di Xiaomi ROM China? Oke, langsung saja berikut step-stepnya;

  1. Pastikan HP Xiaomi sudah terkoneksi ke jaringan internet baik menggunakan WIFI (rekomendasi) atau via kartu data.
  2. Buka App Store – Agree – Pada kolom pencarian, kita ketik “Google” tanpa tanda kutip – lalu pilih search.
  3. Pada hasil pencarian, akan muncul ikon dengan tulisan “du”. Kita pilih ikon tersebut. Selanjutnya pilih install. Setelah selesai proses install, kita pilih Launch – lalu klik lingkaran warna biru.
  4. Ketika muncul Install blocked, kita pilih setting – centang unknown sources – lalu klik lagi lingkaran warna biru tadi.
  5. Proses intalasi akan berlangsung, mulai Google Servise – Google Account Manager – Google Play – Google Play Services – Google Calender dan Google Playstore. Jadi mohon sabar sampai semua proses intalasi selesai.
  6. Selanjutnya kita tinggal gunakan Playstore (buka playstore) – pilih accept – allow dan jangan lupa tambahkan Google account atau alamat email dari Google yang tidak lain adalah Gmail. Jika tidak punya, silahkan baca tutorial cara membuat akun email baru di sini.
  7. Agar download aplikasi di playstore bisa berjalan meskipun tidak ada wifi (bisa jalan pakai kartu data), kita harus ubah setingan download menjadi unlimited.

Untuk mempermudah tentang cara install Playstore di Xiaomi ROM China, berikut ini kami sertakan panduan berupa tutorial videonya

Catatan:

Bagi kami, ROM asli meskipun versi cina itu tetap lebih bagus (kinerja cepat, dan gak mudah lelet) daripada sebuah custom ROM atau ROM Global yang datang terlambat (awalnya gak support ROM Global)

{ 2 comments… read them below or add one }

Ridwan December 29, 2017 at 3:40 pm

Mantap..
alhamdulillah berhasil..
Terimakasih sharing tutorialnya..
kalo boleh ijin copas bro, buat disimpan dikomputer, kalo sewaktu2 butuh biar ga cari2 lagi..

aries December 31, 2017 at 9:51 pm

Oke om

Leave a Comment